Berjalan 2 Bulan, Ini Rencana Presiden El Salvador dengan Bitcoin

Rencana Presiden El Salvador dengan Bitcoin Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Rencana Presiden El Salvador dengan Bitcoin Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

El Salvador kini sudah semakin serius untuk mengembangkan Bitcoin di negaranya nih. Sudah kurang lebih dua bulan berjalan, ada sejumlah hal yang bakal dilakukan Presiden El Salvador dengan Bitcoin.

Pada 7 September 2021, El Salvador resmi sebagai negara pertama yang menjadikan Bitcoin sebagai alat transaksi di negaranya. El Salvador pun membeli 400 Bitcoin pertama untuk digunakan sebagai alat transaksi resmi di negaranya.

Kehadiran Bitcoin di El Salvador memang enggak luput dari pro dan kontra. Bahkan, enggak hanya menjadikan Bitcoin sebagai alat transaksi, El Salvador pun berencana untuk membangun “Kota Bitcoin” di kaki gunung berapi hingga menerapkan bebas pajak!

Baca Juga: Gara-Gara Bitcoin, El Salvador Jadi Terpecah Belah!
 

Kota Bitcoin di Kaki Gunung Berapi

Presiden El Salvador Nayib Bukele mengumumkan pada pekan lalu kalau negaranya bakal membangun “Kota Bitcoin” nih, Be-emers. Yang bikin heboh adalah, “Kota Bitcoin” tersebut rencananya akan dibangun di kaki gunung berapi!

Meski belum memberikan tanggal pasti kapan proyek tersebut dimulai dan diresmikan, rencananya “Kota Bitcoin” tersebut akan dibangun di wilayah tenggara daerah La Union, atau di kaki Gunung Colchagua. Wilayah tersebut dipilih karena menyimpan energi panas Bumi, yang mana cocok untuk mendukung penambangan Bitcoin.


 

Rencana Presiden El Salvador dengan Bitcoin Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Rencana Presiden El Salvador dengan Bitcoin Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

 

Kota Bitcoin yang Bebas Pajak dan Obligasi Bitcoin

Selain dimaksudkan sebagai penambangan Bitcoin, “Kota Bitcoin” tersebut nantinya juga akan bebas dari pajak pendapatan, properti, dan keuntungan modal lho, Be-emers! Hal itu pun, dilansir Fortune, disambut meriah oleh para penggemar Bitcoin.

Selain itu, Fortune juga menyebutkan, El Salvador berencana untuk menerbitkan obligasi 10 tahun berdenominasi dolar AS senilai US$1 miliar! Setengah dari dana yang disebut sebagai “volcano bond” itu bakal dikonversi ke Bitcoin dan setengahnya lagi akan digunakan untuk infrastruktur dan penambangan Bitcoin di kaki Gunung Colchagua.

Selain itu, dikutip Bloomberg, Chief Strategy Officer Blockstream Samson Mow mengatakan bahwa nantinya setelah periode lockup selama lima tahun, pemerintah akan mulai menjual Bitcoin dan membayar dividen tambahan kepada investor. Sementara itu, Samson Mow memprediksi Bitcoin akan mencapai angka US$ 1 juta dalam lima tahun mendatang!

Samson juga mengatakan, periode lockup pada obligasi dirancang untuk mengeluarkan US$500 juta Bitcoin dari pasar selama lima tahun. Hal itu pun akan menambah kelangkaan dan nilai token.

Selain itu, rencana tersebut dinilai bakal menjadikan El Salvador sebagai “pusat keuangan dunia” lho, Be-emers! Penerbitan obligasi Bitcoin itu pun rencananya akan  dimulai pada tahun 2022 nih.

Adapun, dilansir Coindesk, pemerintah El Salvador diketahui telah membeli 100 Bitcoin lagi. Hal itu pun disampaikan oleh Presiden Nayib Bukele di Twitter pribadinya.

“El Salvador just bought the dip. 100 extra coins acquired with a discount,”  -Presiden Nayib Bukele


Gimana menurut kamu, Be-emers?