Terkenal sebagai NFT, Apa Itu Bored Ape Yacht Club (BAYC)?

Apa Itu Bored Ape Yacht Club Illustration Bisnis Muda - Image: OpenSea

Apa Itu Bored Ape Yacht Club Illustration Bisnis Muda - Image: OpenSea

Like

Kamu sering lihat ilustrasi digital dengan karakter kera yang muncul di media sosial? Ilustrasi berkarakter kera tersebut dikenal sebagai Bored Ape Yacht Club (BAYC) dan menjadi ladang cuan banyak orang dalam bentuk NFT nih!

Non Fungible Token (NFT) memang menjadi salah satu ladang cuan, terutama buat kamu yang suka banget sama karya seni. Bahkan, NFT sudah banyak banget dimanfaatkan sama banyak musisi, selebriti, seniman, hingga selebgram!

Pada dasarnya, kamu bisa menjual karya digital apa saja di marketplace NFT, misalnya OpenSea. Menariknya, ada salah satu karya atau koleksi digital NFT yang populer banget bernama Bored Ape Yacht Club (BAYC).

Baca Juga: Mau Cuan dari NFT? Kenali Dulu Apa Itu Shilling

 

Apa Itu Bored Ape Yacht Club Illustration Bisnis Muda - Image: OpenSea

Apa Itu Bored Ape Yacht Club Illustration Bisnis Muda - Image: OpenSea

 

Apa Itu Bored Ape Yacht Club (BAYC)?

Pada Mei 2021, berdasarkan info The New Yorker, banyak akun Twitter mulai ramai menggunakan avatar dengan ilustrasi karakter kera yang berbeda-beda. Ilustrasi karakter kera tersebut pun terus bermunculan dengan banyak kreasi, mulai dari warna, aksesoris, hingga ekspresi.


Ada kera yang memakai kacamata hitam, bertelinga kelinci, kera dengan bulu berpola macan tutul atau pelangi, kera merokok cerutu, bahkan ada kera yang menembakkan sinar laser dari mata mereka! Enggak jarang, karakter kera tersebut berekspresi bosan, hingga tertawa lho.

Nah, ilustrasi avatar yang viral di Twitter tersebut berasal dari situs web bernama Bored Ape Yacht Club, yang secara resmi diluncurkan pada tanggal 30 April 2021 nih, Be-emers. Dengan karakter kera yang bisa dikreasikan, dilansir dari laman resminya, Bored Ape Yacht Club adalah kumpulan lebih dari 10.000 NFT Bored Ape yang unik untuk dijual sebagai NFT.

BAYC memang berkembang di platform seperti Twitter. Enggak cuma sebagai karya yang bisa dijual sebagai NFT, rupanya Bored Ape Yacht Club juga diciptakan untuk berkumpul, mendiskusikan perkembangan terkait blockchain, sekaligus melontarkan lelucon layaknya meme.

Dilansir dari laman The Rolling Stone, Gordon Goner (nama samaran) dan teman-temannya mendirikan ruang kepada para kolektor NFT, yakni dengan mendirikan komunitas resmi bernama Bored Ape Yacht Club. Kini, seiring dengan popularitas BAYC, kekayaan  Gordon Goner pun semakin bertambah!

Bayangin, Goner mengatakan bahwa dalam semalam, BAYC justru “meledak” dan kurang lebih 10.000 NFT dengan masing-masing berharga 0,08 Ethereum (ETH) atau setara US$300 telah habis terjual lho!

Adapun, The Rolling Stone juga melaporkan, token NFT terkait BAYC telah menghasilkan sekitar US$ 1 miliar!

Hmm.. kamu salah satu fans Bored Ape Yacht Club (BAYC) juga enggak nih?