Makin Diminati, Ini Hal Penting tentang NFT yang Perlu Diketahui!

Hal Penting tentang NFT yang Perlu Diketahui Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Hal Penting tentang NFT yang Perlu Diketahui Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Non-Fungible Token (NFT) makin populer dan diminati, Be-emers. Seiring dengan hal itu, ada sejumlah hal penting soal NFT yang perlu kamu ketahui nih.

Berbasis blockchain, token seperti NFT memungkinkan seseorang untuk bisa menjual kepemilikan dari suatu karya lho! Makanya, banyak seniman, gamer, hingga selebriti yang ikut terjun untuk mempopulerkan NFT mereka sendiri.

Bahkan, beberapa NFT sempat viral di tahun 2021 hingga awal tahun 2022 ini. Mulai dari meme Nyan Cat, CryptoSkulls, Bored Ape Yacht Club (BAYC), hingga Ghozali Everyday -yang notabene berasal dari Indonesia!

Baca Juga: Mau Cuan dari NFT? Kenali Dulu Apa Itu Shilling
 

Kamu Bisa Jual Karya Apapun Jadi NFT

Memang sih, banyak musisi atau bahkan seniman yang beramai-ramai menyerbu NFT sebagai ladang cuan baru. Soalnya, NFT memang jadi cara alternatif untuk bisa menjadikan sebuah karya laku di pasaran.

Bahkan, NFT juga enggak membatasi karya seperti apa yang bisa diperjual-belikan. Soalnya, para pembeli NFT hanya bisa membeli hak kepemilikannya, bukan menguasai hak ciptanya.


Jadi, bisa dibilang, satu NFT bisa dimiliki atau dibeli oleh lebih dari satu orang. Enggak heran deh, foto selfie Ghozali pun bisa laku di marketplace NFT.

Yang mencengangkan nih, gara-gara fenomena Ghozali Everyday, kini banyak orang yang mulai mengunggah foto selfie sebagai NFT dan menjualnya di sejumlah marketplace seperti OpenSea.

 

Hal Penting tentang NFT yang Perlu Diketahui Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Hal Penting tentang NFT yang Perlu Diketahui Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

 

NFT Enggak Bisa Dihapus

Eits, meskipun bisa menjual karya apa saja dan menghasilkan cuan, kamu tetap harus hati-hati nih, Be-emers. Soalnya, NFT yang kamu unggah ke marketplace itu enggak bisa dihapus lho!

Ingat, NFT itu sifatnya enggak bisa digandakan. Selain itu, kepemilikan aset NFT nantinya bisa diklaim oleh sang pembeli dari token digital.

Otomatis, NFT akan meninggalkan jejak digital. Makanya, NFT yang sudah diunggah enggak bisa diganti, apalagi dihapus.

Makanya, NFT seperti foto selfie dengan KTP yang juga viral, sangat enggak disarankan ya, Be-emers. Soalnya, identitas diri kamu bisa saja disalahgunakan oleh pihak lain dan akhirnya malah merugikan diri kamu sendiri nih.
 

Sulit Dicuri, Namun NFT Bisa Rusak

Pada dasarnya, NFT adalah bagian dari blockchain, yang mana blockchain bisa secara otomatis menyimpan catatan transaksi layaknya buku rekening bank. Makanya, NFT disebut-sebut akan sangat sulit untuk dicuri.

Meski begitu, dilansir dari laman Bisnis, pembusukan bit bisa saja terjadi lho, Be-emers. Nah, pembusukan bit tersebut akan membuat kualitas gambar jadi jelek.

Bahkan, format file enggak bisa dibuka lagi. situs marketplace NFT mati, hingga lupa kata sandi, bikin NFT kamu bisa saja mengalami kerusakan.


Jadi, kamu tetap tertarik untuk ikutan jual karya di NFT enggak nih, Be-emers?