Pemula Harus Paham, Ini Bedanya Antara Investasi dan Trading Saham

Seseorang yang sedang mengamati pergerakan harga saham (Sumber gambar: Freepik)

Seseorang yang sedang mengamati pergerakan harga saham (Sumber gambar: Freepik)


Investasi saham dan trading saham adalah dua hal yang sangat berbeda. Meskipun begitu, nyatanya masih banyak orang yang belum mengerti tentang perbedaan di antara keduanya, terutama para pemula.

Padahal, pemahaman akan konsep terkait investasi dan trading sangatlah penting karena tentunya akan menyangkut arah tujuan dari investasi itu sendiri. Tanpa adanya pengetahuan terkait perbedaan tersebut, maka kita cenderung menjadi tidak mempunyai arah dan prinsip dalam melakukan investasi maupun trading.

Nah, kira-kira kalian sendiri udah tahu belum nih Be-emers apa saja perbedaan antara investasi dan trading saham?

Eits, tenang aja. Apabila kalian belum mengetahui, yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: Trader vs Value Investor, Mana Yang Lebih Cocok untuk Para Newbie?
 

Beberapa Perbedaan Investasi Saham dan Trading Saham

1. Jangka Waktu

Pada investasi, jangka waktu yang dijalankan cenderung panjang. Seorang investor umumnya menerapkan prinsip buy and hold dalam berinvestasi.


Oleh karena itu, dalam investasi, fluktuasi harga yang signifikan tidak terlalu dipertimbangkan karena memang berfokus terhadap tujuan jangka panjang.

Sedangkan pada trading, seorang trader umumnya akan lebih berfokus dalam waktu jangka pendek. Berbeda dengan investor, seorang trader biasanya menerapkan prinsip buy and sell.

Dalam hal ini, trader justru mengamati betul pergerakan saham di waktu yang berdekatan. Sehingga, mereka dapat memperoleh keuntungan dari pergerakan harga saham tersebut dengan waktu yang singkat.  
 

2. Strategi

Dalam segi strategi, investasi cenderung lebih berfokus terhadap kinerja dan kesehatan sebuah perusahaan. Investor dalam hal ini lebih berfokus terhadap faktor-faktor internal yang dapat membangun kualitas perusahaan tersebut dibandingkan dengan pergerakan harga semata.

Sedangkan dalam trading, strategi trader umumnya berfokus pada faktor-faktor eksternal, seperti isu-isu dan situasi yang dapat mempengaruhi pasar secara umum, misalnya saja kondisi politik maupun ekonomi negara.

Dengan begitu, trader dapat mengetahui potensi saham apa saja yang sekiranya akan mempunyai pergerakan baik pada saat itu. 
 

3. Fokus Analisis

Dalam investasi yang lebih mengutamakan kinerja dan kesehatan perusahaan, fokus analisis yang digunakan dalam hal ini adalah analisis fundamental, di mana membaca laporan keuangan perusahaan termasuk bagian yang sangat penting.

Sedangkan dalam trading, fokus analisis yang diterapkan adalah analisis teknikal, di mana memperhatikan pergerakan harga saham akan menjadi aspek penting untuk memperoleh potensi profit maksimal.   
 

4. Sumber Keuntungan  

Investasi setidaknya menawarkan dua keuntungan yang dapat diperoleh dari dua sumber. Pertama, capital gain, yaitu profit yang diperoleh dari penjualan saham yang harganya telah melebihi harga belinya. Kedua, dividen, yaitu pembagian keuntungan yang dilakukan oleh perusahaan bagi para investornya.

Baca Juga: Gimana Cara Menemukan Saham Terbaik Berdasarkan Dividennya?

Sedangkan sumber keuntungan trading umumnya diperoleh dari fluktuasi pergerakan harga saham. Biasanya para trader memanfaatkan momentum turunnya harga saham untuk membeli dan kemudian menjualnya dalam waktu yang relatif singkat ketika harganya telah naik serta telah memenuhi tujuan dari analisis seorang trader.

Nah, itulah beberapa perbedaan antara investasi saham dan trading saham. Dengan adanya artikel ini, semoga kalian terbantu dalam memahami perbedaan di antara keduanya ya Be-emers.