5 Alasan Perempuan Harus Financially Independent

Ilustrasi perempuan yang bisa cari uang sendiri. (Sumber gambar: Canva)

Ilustrasi perempuan yang bisa cari uang sendiri. (Sumber gambar: Canva)

Like

Saat perempuan sudah menikah, statusnya pun berubah menjadi seorang istri dan hidupnya merupakan tanggungan suaminya. Walau begitu, bukan berarti perempuan harus berdiam diri di rumah saja, lho

Seorang perempuan juga tetaplah manusia yang punya hak untuk memilih jalan hidupnya. Perempuan masih bisa berkarir dan memiliki penghasilan sendiri di luar pemberian suami. 

Namun, tentunya dengan izin dari sang kepala keluarga ya. Sebab, banyak perempuan di luar sana yang sudah menyandang status istri, tapi masih sibuk bekerja.  

Menghimpun data dari Badan Pusat Statistik, persentase tenaga kerja formal perempuan di Indonesia pada tahun 2020 mencapai 34,5 persen, sementara kaum pria sebesar 42,71 persen. 

Data di atas khusus di sektor formal saja. Sementara di sektor informal, banyak juga perempuan yang bekerja dengan membuka warung kelontong di rumahnya, membuka toko online, dan lain sebagainya. 


Terlepas dari status lajang atau menikah, sejatinya seorang perempuan haruslah bisa mencari uang sendiri, supaya bisa mandiri secara finansial dan tidak bergantung dengan orang lain. Seperti kalimat yang pernah dilontarkan oleh penulis sekaligus politikus wanita, Clare Booth Luce.

“Uang yang dimiliki perempuan karena hasil usahanya sendiri merupakan perlindungan terbaik untuknya”  


Ada banyak alasan lainnya yang harus kamu ketahui, mengapa seorang perempuan harus bisa cari uang sendiri. Alasan-alasan ini bisa menjadi motivasi buat kamu untuk financially independent.

Baca Juga: Menyiapkan Dana Darurat dan Pensiun Sejak Muda, Gimana Caranya? Yuk, Simak Tips dari Dinda NM

 

Menjadi Lebih Bahagia

Perempuang memang kerap dikaitkan sebagai makhluk yang material. Faktanya, uang menjadi salah satu dari banyak hal yang membuat perempuan bahagia.

Dengan memiliki uang, berarti ia bisa membeli apa yang diinginkan. Apalagi kalau uangnya merupakan hasil jerih payahnya sendiri. Ada kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri saat mendapatkannya.

Tak hanya itu, dengan uangnya sendiri, perempuan juga bisa lebih bahagia karena bisa memenuhi kebutuhan akan dirinya. Misalnya membeli produk kecantikan dan melakukan perawatan diri.
 

Berpotensi Jadi Lebih Hemat dan Bijak Mengatur Keuangan 

Saat kalian para perempuan harus bisa cari uang sendiri. Hal ini bisa membuatmu untuk lebih memahami arti uang dan bagaimana sulitnya mendapatkan uang. 

Dari situ, kamu pun akan lebih menghargai uang yang diperolah, serta bijak dalam menggunakannya. Biasanya, perempuan yang bisa cari duit sendiri bisa lebih bertanggung jawab dengan keuangannya. Sebab, ada perasaan tak rela kalau dihabiskan begitu saja. 
 

Mendapat Kebebasan

Siapa yang tak merasa bebas dengan punya uang sendiri? Baik itu kaum pria maupun perempuan. Dengan memiliki uang hasil kerja kerasmu, kamu pun bebas mau beli apa saja. 

Sebab, uangmu adalah hakmu dan bisa kamu pakai sesuai kemauanmu. Ngga perlu lagi minta izin suami buat beli lipstik. Eits, tapi ingat juga ya kalau kamu harus bijak menggunakan kebebasan ini, jangan sampai kebablasan.
 

Jaga-Jaga untuk Kehidupan di Masa Depan

Tak ada yang tahu dengan apa yang akan kita hadapi di masa depan. Jika sekarang kamu merupakan seorang istri yang hanya mengandalkan pemberian suami, karena menjadi tanggungannya. 

Bisa saja 5 atau 10 tahun lagi, ternyata ada masalah yang menjadikan suamimu tak lagi dapat menafkahimu. Bahkan, hal terburuknya jika kalian harus berpisah. Ketika itu terjadi, siapa lagi yang harus diandalkan kalau bukan diri sendiri? 

Maka dari itu, tak ada salahnya buat perempuan punya penghasilan sendiri, sehingga kamu tetap bisa menghidupi dirimu. 
 

Membantu Meringankan Beban Rumah Tangga 

Alasan lainnya yang mengharuskan perempuan bisa mencari uang sendiri, sebenarnya bukan hanya untuk kebutuhan dirinya saja. Banyak perempuan harus bekerja untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarga. 

Tak jarang penghasilan suami tidak mencukupi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi harga kebutuhan yang juga terus meningkat. Beban finansial keluarga pun semakin berat. 

Makanya, dari penjelasan-penjelasan di atas, perempuan tetap harus bisa cari uang sendiri. Dengan begitu, kamu bisa mandiri secara finansial, punya kebebasan lebih dalam menjalani hidup, termasuk bebas dalam mengelola uang hasil kerja kerasmu.

Baca Juga: Perempuan Indonesia Wajib Melek Literasi Keuangan!




Editor: Rachma Amalia