Ini 3 Cara Oke Biar Milenial Bisa Beli Rumah

3 Cara Oke Biar Milenial Bisa Beli Rumah Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

3 Cara Oke Biar Milenial Bisa Beli Rumah Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Milenial sering dicap sebagai generasi yang konsumtif. Lalu, bisakah milenial beli rumah?

Hobi traveling, promo addict, jajan makanan atau minuman yang lagi hits, pokoknya segala hal-hal yang yang bikin happy malah bikin kita jadi sering dicap sebagai generasi yang konsumtif nih!

Namun, kamu juga pasti pernah kepikiran dong buat beli dan punya rumah dari jerih payah sendiri? 

Nah, karena harga dan budgetnya yang enggak sedikit, bikin banyak milenial yang jadi mikir kalau beli rumah itu buat orang-orang yang sudah mapan aja.

Ternyata, enggak gitu juga sih. Balik lagi nih, semua itu tergantung dari niat dan tujuan keuangan kita. Padahal, rumah itu masuk dalam kebutuhan primer dan harganya bakalan naik terus di masa depan.


“Kalau tidak beli sekarang, nanti di atas 10 tahun lagi mereka (milenial) bahkan menyewa rumah saja tidak mampu karena harga sewa naik jauh,” kata Direktur Realti PP Urban Budi Suanda, dikutip dari Bisnis.com.

Baca Juga: Mobil vs Rumah, Beli yang Mana Dulu ya?
 

Cara Milenial Bisa Beli Rumah

Makanya, penting banget nih milenial buat mulai memikirkan pentingnya punya rumah dari sekarang. Sebagai milenial yang kece, ini dia cara yang oke biar kamu bisa beli rumah.
 

1. Kurangi Porsi Traveling

Traveling bisa dibilang jadi salah satu relaksasi diri buat menghilangkan segala kepenatan. Di sisi lain, jalan-jalan juga kadang bisa jadi ajang tolok ukur eksistensi diri kita nih. Apalagi, kalau habis jalan-jalan, terus upload ke media sosial.

Wah, ini nih yang bisa jadi bikin milenial cenderung menghabiskan uangnya buat traveling. Ini sesuai banget sama penelitiannya Phocuswright yang bilang kalau generasi milenial adalah yang paling sering traveling di antara kelompok umur lainnya.

 

Mulai Rencanakan Keuangan untuk Beli Rumah Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Mulai Rencanakan Keuangan untuk Beli Rumah Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Makanya, baiknya generasi milenial mulai mengurangi nih porsi jalan-jalannya. Hal itu biar milenial bisa memulai menabung atau berinvestasi rumah. Soalnya nih, kalau dilihat lagi, sebenarnya gaji rata-rata milenial itu bisa kok buat beli rumah.
 

2. Mulai Mencicil KPR

Enggak cuma smartphone terbaru aja yang bisa dicicil, rumah juga bisa dong! Kamu bisa mulai mencicil lewat program KPR alias Kredit Kepemilikan Rumah.

 

Mulai Cicil Rumah dengan KPR Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Mulai Cicil Rumah dengan KPR Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Caranya? kamu bisa memanfaatkan bank-bank penyedia fasilitas KPR tersebut.

Baca Juga: KPR Diminati, Ini Hal yang Perlu Kamu Perhatikan

Setiap instansi atau bank biasanya punya beberapa program KPR, salah satunya program KPR milenial. Biasanya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membayar down payment (DP) atau uang muka terlebih dahulu nih.
 

3. Pilih Developer yang Aman

Seiring kebutuhan hunian yang makin tinggi dan lahan yang makin sedikit, bikin banyak pengembang properti atau developer berlomba-lomba kasih promo untuk memudahkan milenial dalam membeli rumah.

 

Pilih Developer yang Aman untuk Beli Rumah Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Pilih Developer yang Aman untuk Beli Rumah Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Nah, walaupun promonya menarik, kamu juga mesti tetap hati-hati dan teliti lagi ketika mau pilih developer ya. Perlu banget nih buat kita lihat dulu track record dan brand dari pengembang yang mau kita pilih.

Enggak cuma itu, kita juga mesti lihat status sertifikatnya, apakah itu hak milik atau bukan. Jadi, kita enggak bakal terjerat dari sengketa lahan atau bangunan yang suka heboh kayak di berita-berita  itu.

Nah, jadi kamu sudah siap belum nih beli rumah buat masa depan?

Yuk, share di kolom kometar! Atau, mau cerita atau artikel kamu dipublikasi di Bisnis Muda?

Tulis aja pengalaman kamu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.