Mau Ganti Kerjaan? Ini Tips Switch Career di Tahun 2024

Biasanya cita-cita saat kecil dan saat sudah dewasa berbeda (Foto: Canva)

Biasanya cita-cita saat kecil dan saat sudah dewasa berbeda (Foto: Canva)

Like

Selain lebaran, tahun baru jadi momen bagi banyak pekerja untuk ganti pekerjaan. Ada yang mencari suasana baru hingga ada yang mencari peluang lebih besar. Buat Be-emers yang mau switch career di tahun 2024, simak tips berikut!

Merasa jenuh dalam bekerja adalah hal yang sangat wajar. Tapi beberapa orang merasakan kejenuhan tersebut dalam waktu yang lama atau jangka panjang sehingga mengganggu produktivitas dalam bekerja.

Tentunya ini tidak baik bagi diri sendiri dan bagi perusahaan tempatnya bekerja. Dengan tidak produktif tersebut, ia juga jadi susah untuk mengembangkan diri. 

Salah satu jalan keluar yang dipikirkan adalah dengan switch career atau ganti pekerjaan yang berbeda dengan pekerjaan yang dijalani saat ini.

Misal saat ini bekerja sebagai account executive di perusahaan media, kemudian ingin switch career menjadi ui/ux developer di perusahaan teknologi. 


Ini bukanlah hal yang tidak mungkin, tapi memang diperlukan pengetahuan dan skill terlebih dahulu agar lebih terarah dan berpeluang lebih besar.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Peluang Karir di Media


Tips Switch Career di Tahun 2024


1. Evaluasi Dulu Ketertarikan dan Keterampilanmu


Jangan bertindak gegabah dan tanpa persiapan yang matang. Sebelum memutuskan untuk switch career pastikan bahwa ini bukan ketertarikan sesaat atau hanya karena emosi. 

Selain mengevaluasi ketertarikanmu, juga perlu untuk mengetahui sejauh mana keterampilan yang kamu miliki terkait dengan pekerjaan baru yang menarik perhatianmu itu.

Ini penting karena jika keterampilanmu masih di level dasar, maka kamu perlu usaha ekstra untuk meningkatkannya. Misalnya dengan mengikuti bootcamp atau pelatihan yang berhubungan.


2. Riset Prospek Pekerjaan


Selain mengetahui dari sisi internal, kamu juga perlu mencari info sebanyak-banyaknya dari eksternal. Atau dari industri pekerjaan itu sendiri. Apakah pekerjaan tersebut memiliki prospek yang baik?

Apakah perusahaan tersebut ramah untuk pekerja-pekerja yang baru masuk? Atau apakah peluang dalam pekerjaan tersebut masih terbuka lebar dalam artian pesaingnya belum masif?


3. Buat Action Plan


Setelah riset internal dan eksternal, maka perlu untuk mulai membuat rencana terkait dengan switch career yang akan dijalani. Action plan lebih baik dibuat sedetail mungkin. 

Baca Juga: Membangun Mentalitas Sukses Agar Karir Cemerlang

Mulai dari bagaimana cara meningkatkan keterampilan, kanal-kanal mana saja yang bisa digunakan untuk mendapatkannya, lewat mana bisa melakukan switch career, hingga apa yang akan dilakukan jika berhasil maupun tidak dalam switch career ini.


4. Bangun Portofolio dan Kembangkan Network


Selain membuat action plan, penting juga untuk membangun portofolio pribadi yang bisa menunjukan skill kita. Agar lebih mudah mencapai switch career kamu juga perlu memperluas koneksi yang berhubungan dengan industri tersebut.

Mulai jalin koneksi dengan orang-orang yang bekerja di bidang tersebut di LinkedIn. Jangan hanya kirim permintaan pertemanan, tapi kirim direct message juga yang bertanya mengenai load dan prospek kerja di bidang tersebut.


5. Persiapkan Keuangan 


Nah, ini hal mendasar ketika kamu berniat untuk switch career. Kamu harus persiapkan keuangan dengan sebaik–baiknya untuk antisipasi kejadian tidak terduga di masa switch career.

Pasti ada kemungkinan karir baru yang kamu jalani tidak berjalan dengan mulus. Apalagi dengan ekonomi yang masih naik turun. Maka dari itu penting untuk memiliki dana darurat. 

Jadi, 2024 mau switch career enggak nih Be-emers?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.