Galak Gampil: Tradisi Jelang Lebaran Khas Jawa Timur!

Like

Jadi setelah silaturahmi sekelompok anak-anak ini akan meminta uang pada tuan rumah. Memang terkesan seperti mengemis, tetapi tradisi ini dilakukan agar lebih seru suasana lebaran.

Kalau saat ini, galak gampil biasanya lebih ke lingkungan keluarga sendiri dan tetangga sekitar. Anak zaman sekarang anak-anak lebih sopan untuk tidak bergerombol dan meminta dengan berteriak, tetapi tuan rumah atau tetua biasanya sudah peka untuk memberikan galak gampil pada anak-anak.

Baca Juga: Tradisi dan Nilai-Nilai Ramadan di Berbagai Negara, Termasuk Indonesia

Setiap tradisi biasanya memiliki hikmah dibaliknya, begitu pula dengan tradisi galak gampil, pelajaran yang dapat diambil salah satunya adalah berbagi kebahagiaan dengan keluarga dan tetangga.

Yang memberi tentu saja dapat pahala sedangkan yang diberikan juga tersenyum bahagia. Nah, be-emers demikian tradisi galak gampil yang ada di Jawa Timur, kalau di daerahmu ada tradisi unik apa nih?


#30hariramadhanbercerita

Baca Juga: 5 Negara dengan Tradisi Ramadhan yang Unik, Mesir Salah Satunya!


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung