Meningkatnya Harga Tepung Tapioka dan Bahan Pokok Lainnya di Kota Malang

Like

Kelangkaan tepung tapioka juga disebabkan oleh langkanya ketersediaan singkong. Padahal, sektor perkebunan di Malang menjadi salah satu sektor yang menghasilkan tinggi, tetapi hasil perkebunan memang bervariasi, tidak hanya singkong.

Sebenarnya, selain karena kelangkaan bahan baku tepung tapioka, pengaruh lainnya yaitu cuaca. Malang yang cenderung memiliki curah hujan tinggi membuat produsen kerupuk semakin kewalahan dalam memenuhi permintaan pasar yang lagi tinggi.

Bahkan, di bulan-bulan biasa apabila lagi musim hujan seringkali produsen kesusahan, apalagi saat ini, saat permintaan pasar lagi tinggi.

Baca Juga: Lebaran Semakin Dekat! Harga Bahan Baku Jadi Melonjak!

Untungnya, produsen tidak sampai meliburkan pekerja, sehingga mereka tetap mendapatkan penghasilan. Perlu adanya kerjasama dari pemerintah dan berbagai pihak terkait untuk mendapatkan solusi terbaik dari berbagai pihak.


Nah, selain tepung tapioka, kenaikan bahan baku di Malang juga terjadi di berbagai sektor hasil pertanian, peternakan bahkan perkebunan.

Misalnya seperti harga ayam, yang saat ini melonjak menjadi Rp. 40.000,- per kilogram, bahkan cenderung terus naik sampai menjelang lebaran.

Berbeda dengan beras premium yang cenderung turun meskipun tidak signifikan. Sedangkan bahan baku lainnya, seperti telur, minyak, gula, tetap stabil seperti menjelang Ramadan.Hasil sektor perkebunan, seperti sayuran, buah juga masih standar, tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Baca Juga: Update Bahan Baku Jelang Lebaran, Ini yang Mesti Kamu Ketahui!

Kalau di tempatmu bagaimana be-mers, apa ada yang turun drastis atau mungkin naik drastis?

#30hariramadhanbercerita



---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung