Harganya Selalu Naik, Yuk Kenali Beberapa Jenis Emas Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Like

Emas Perhiasan

Selain emas batangan, ada juga jenis emas perhiasan yang sering kita jumpai sehari-hari. Keunggulan dari emas jenis ini adalah dapat digunakan sebagai aksesoris untuk menunjang penampilan.

Terlebih lagi jenis emas ini bisa diperjualbelikan di semua toko dengan harga potongan yang tidak terlalu tinggi. Mulai dari kota-kota besar sampai wilayah pedesaan umumnya memiliki toko emas.

Akan tetapi, kita juga perlu berhati-hati apabila ingin berinvestasi dengan emas jenis ini. Jangan sampai kita ditipu untuk membeli emas palsu di pasaran.

Baca Juga: Membeli Emas Sebelum Lebaran? Ini dia Tips dan Keuntungannya

Ditambah harga jualnya tidak setinggi emas batangan, belum lagi dalam bentuk perhiasan tentunya memerlukan perawatan ekstra.


 

Emas Digital

Berbeda dengan dua jenis emas sebelumnya, emas digital tidak memiliki bentuk fisik seperti emas batangan atau emas perhiasan.

Emas jenis ini memudahkan nasabah karena tidak perlu kesulitan untuk menyimpan emas. Dengan digitalisasi proses pembelian dan penjualan juga berlangsung dengan sangat mudah dan dapat dilakukan dimana saja.

Emas digital juga memungkinkan pembelian setara 0,01 gram atau sekitar Rp 10.000, tentunya terjangkau untuk mayoritas penduduk Indonesia.

Yang perlu diketahui adalah bahwa hanya aplikasi atau layanan investasi digital layak digunakan. Untuk para pemula harus mengetahui hanya layanan yang mengantongi izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPEPTI). 

Baca Juga: Investasi Emas Syariah: Keuntungan dan Teknik Berinvestasi Supaya Cuan!

Salah satu saran utama yang biasa pakar keuangan berikan adalah investor sebisa mungkin melakukan diversifikasi.

Jadi bagi orang-orang yang berinvestasi emas juga dapat mengembangan portofolionya dengan instrumen investasi lain seperti saham dan reksadana saham.  

Bagaimana tertarik berinvestasi emas Be-emers?


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung