Harganya Selalu Naik, Yuk Kenali Beberapa Jenis Emas Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Emas sering dijadikan instrumen investasi karena harganya yang terus naik. (Sumber gambar: freepik)

Emas sering dijadikan instrumen investasi karena harganya yang terus naik. (Sumber gambar: freepik)

Like

Harga emas belakangan terus naik hampir konsisten dalam beberapa tahun terakhir. Mengutip dari dataindonesia.id harga emas batangan 24 karat PT Aneka Tambang naik Rp 2.000 pada Selasa, 2 April 2024.

Emas sebenarnya bukan barang baru yang digunakan sebagai salah satu instrumen investasi. Logam mulia yang satu ini sudah lama jadi simpanan untuk melawan arus inflasi.

Harga emas dari tahun ke tahun memiliki kecenderungan untuk terus meningkat. Meski sempat mengalami pelemahan pada tahun 2014-2020. Tren harga emas kemudian bangkit lagi mulai dari 2020 hingga saat ini.

Tingkat likuiditas emas lebih tinggi bila dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Emas dapat dengan sangat mudah untuk diuangkan.

Seiring dengan perkembangan zaman muncul emas digital disamping emas batang dan emas perhiasan yang telah kita ketahui.


Baca Juga: 5 Rekomendasi Investasi Syariah yang Menguntungkan dan Juga Aman
 


Emas Batang

Emas batang mungkin sudah familiar bagi Be-emers. Emas batang memiliki wujud nyata dan umumnya memiliki kemurnian emas yang lebih terjamin dibandingkan dengan emas perhiasan.

Karena setiap pembelian emas batang akan disertai dengan sertifikat yang mencakup nomor, berat, ID, ukuran, serta tingkat kadarnya.

Dengan begitu tidak perlu risau dengan besaran uang yang dikeluarkan untuk berinvestasi dengan emas jenis ini.

Baca Juga: Tetap Buka di Indonesia, Ini Sosok Pemilik The Body Shop

Banyak orang yang menilai berinvestasi emas batang lebih aman karena harganya yang cenderung lebih stabil dan memungkinkan untuk terus naik seiring berjalannya waktu.

Akan tetapi, untuk membeli emas jenis ini pembelian bisa dilakukan melalui layanan penjualan emas resmi seperti PT Pegadaian dan PT Aneka Tambang (Antam).