Adanya Student Loan Bagi Mahasiswa, Membahagiakan atau Mencekik?

Like

Tapi sisi buruknya, hal ini dapat memupuk kebiasaan untuk berhutang sejak dini. Masih ingat kasus kampus ITB (Institut Teknologi Bandung) yang viral beberapa bulan lalu karena menyarankan kepada mahasiswanya untuk menggunakan aplikasi Dana Cita guna melunasi tunggakan UKT?
 
Saya rasa itu bukanlah solusi. Itu seperti halnya kita melakukan pinjol. Kebiasaan ini tentu tidak baik melihat banyak kasus dimana lembaga pinjol mematok bunga diluar nalar, mengalami kenaikan berkali lipat dibanding yang seharusnya.

Belum lagi teror dari debt collector bertubi-tubi tanpa ampun seringkali membuat banyak peminjam stress dan depresi. Sudah begitu, sistem mereka kerap bermasalah, bahkan ada yang sampai diberikan sanksi oleh OJK. 
 
Baca Juga: Kajian Skema Student Loan, Mana yang Paling Efektif?

Apakah kita tega membiarkan para mahasiswa menanggung beban tambahan itu? Apakah kita tidak peduli dengan kesehatan mental mereka?


Apakah kita tega memupus impian mereka meraih cita-cita? Duh, belajar buat ujian aja udah pusing, ini lagi dibikin tambah pusing. Bener tidak? 

Alih-alih memberikan student loan, mengapa pemerintah tidak menggratiskan uang kuliah saja? Nanti, dana pembangunan dan fasilitas juga biaya tenaga pengajar dikelola dari kas negara.

Kalau begini kan mahasiswa tidak dibikin repot. Bukankah pendidikan itu adalah hak segala bangsa?





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung