11 Langkah Menerapkan Gaya Hidup Frugal Living

Keluarga Bahagia sumber isthockphoto.com

Keluarga Bahagia sumber isthockphoto.com

Like

Be-emers saat ini konsep hidup Frugal living atau hidup hemat sedang banyak dibicarakan. Sebuah gaya hidup yang diterapkan oleh orang-orang terkaya di dunia.

Namun demikian, gaya hidup ini sering disalahartikan sebagai kehidupan yang serba kekurangan dan pelit. 

Sebenarnya konsep ini lebih mengarah pada pengelolaan keuangan yang cerdas dan efisien, serta mengutamakan nilai-nilai kebahagiaan dan kepuasan jangka panjang.

Baca Juga: Cobain Frugal Living ala Warren Buffett yang Katanya bisa Bikin Cepet Kaya!

Gaya hidup frugal memungkinkan kita menikmati hidup saat ini tanpa mengorbankan masa depan. 
 
Perlu diketahui juga bahwa sebenarnya konsep hidup frugal living ini sudah ada sejak dahulu. Hal ini terlihat dari peribahasa yang hampir di lupakan generasi sekarang dan tidak dikenal gen Z yaitu peribahasa, "Hemat Pangkal Kaya."
 
Lantas bagaimana konsep hidup Frugal living itu? Berikut adalah panduan untuk menjalani hidup frugal yang menyenangkan dan tetap dapat menikmati hidup. 
 
 

1. Memahami Frugal Living

Untuk menerapkan konsep frugal living kita harus memahaminya terlebih dahulu. Perlu ditekankan kembali bahwa frugal living bukan berarti menghindari semua bentuk pengeluaran.

Akan tetapi lebih kepada mengelola keuangan dengan bijaksana. Intinya adalah membelanjakan uang pada hal-hal yang benar-benar penting dan bermakna sambil meminimalisir pengeluaran pada hal-hal yang kurang berarti.


Prinsip ini mendorong kita untuk fokus pada kualitas daripada kuantitas, serta menghargai pengalaman daripada barang material.
 
 

2. Menentukan Prioritas

Langkah pertama dalam menjalani hidup frugal adalah menentukan prioritas. Maka kita harus membuat daftar hal-hal yang benar-benar penting.

Seperti kebahagiaan, kesehatan, atau masa depan finansial. Misalnya, jika traveling memberi kebahagiaan, kita bisa mengalokasikan lebih banyak anggaran untuk itu sambil mengurangi pengeluaran di area lain yang kurang penting.

Hal ini mengingat setiap orang mempunyai cara sendiri untuk bahagia.

 

3. Menetapkan Anggaran yang Realistis

Membuat anggaran bulanan adalah cara efektif untuk mengontrol pengeluaran dan memastikan bahwa kita tidak boros.

Caranya adalah dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran, kemudian tinjau area mana yang bisa dihemat. 
 
Misalnya, jika Anda sering makan di luar, cobalah untuk memasak lebih sering di rumah. Bukan hanya lebih murah, tetapi hal ini juga menjadi lebih sehat.