10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Buat Pemula yang Baru Bekerja

Like

8. Jangan Sepelekan Uang Receh 

Biasanya banyak yang sering kali menyepelekan uang receh karena nilainya yang kecil. Padahal jika dikumpulkan, uang receh tersebut juga bisa digunakan untuk membeli kebutuhan lho. Jadi mulai sekarang belajarlah untuk lebih menghargai uang, meskipun receh mereka tetap memiliki nilai yang berguna untuk kita.
 

9. Jangan Lupa Sisihkan untuk Sedekah 

Disetiap rejeki yang kita terima, ada hak-hak orang lain yang harus kita keluarkan dengan cara sedekah. Usahakan untuk melakukan sedekah secara rutin, karena dengan membagi sedikit rejekimu tidak akan membuatmu rugi, justru tabungan kebaikanmu akan bertambah dan hidup menjadi penuh berkah. 
 

10. Lakukan Evaluasi dan Koreksi 

Secara berkala jangan lupa untuk meninjau kembali anggaran dan perencanaan keuangan kamu ya. Lakukan evaluasi apakah semua tujuanmu ketika mengatur keuangan sudah terlaksana semua atau belum. Perbaiki strategi jika diperlukan untuk kondisi keuangan yang stabil di masa depan. 

Baca Juga: Teknik Menabung dengan Cara Soft Saving, Cocok untuk Gen Z!

 

Tips Berhemat dalam Keseharian 

Hemat merupakan salah satu cara mengatur keuangan pribadi yang kelak akan sangat berguna untuk stabilitas finansial kamu. Maka dari itu berikut beberapa cara berhemat yang bisa kamu lakukan. 

1. Rencanakan Pengeluaran

Buat rencana pengeluaran harian, mingguan dan bulanan untuk mengurangi pengeluaran impulsif. Dengan membuat rencana pengeluaran ini dapat membantu memastikan kamu menggunakan uang dengan bijak. 
 

2. Gunakan Uang Tunai

Cobalah untuk menggunakan uang tunai dalam kebutuhan sehari-hari seperti membeli makan, ongkos transportasi dan lain sebagainya. Menggunakan uang tunai membantu kamu lebih sadar dengan jumlah uang yang dikeluarkan. Dengan demikian dapat mencegah pengeluaran harian yang berlebihan. 
 

3. Tunda Pembelian

Latih diri kamu untuk menunda pembelian untuk hal yang tidak mendesak. Hal ini membantu memastikan apakah kamu benar-benar membutuhkan hal tersebut atau hanya keinginan semata.
 

Kamu bisa menunda membeli sesuatu selama 3 sampai 7 hari. Cara ini cukup efektif untuk mengatur pengeluaran pribadi kamu. 

Baca Juga: Frugal Living: Kenali Istilah, Manfaat, dan Cara Memulainya!
 

4. Bekal Makan dari Rumah

Membawa bekal makanan dari rumah jauh lebih hemat daripada kamu membeli makan di luar setiap harinya. 
 

5. Buat Daftar Belanja

Buat daftar barang belanjaan yang harus dibeli sesuai dengan kebutuhan, hal ini menghindari pembelian impulsif.

Jangan lupa, dalam megelola keuangan juga membutuhkan proses dan waktu, maka dari itu tetaplah disiplin dan konsisten dalam menjalankan rencana keuangan kamu untuk bisa mendapatkan hasil yang baik. Semangat ya Be-emers! 






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung