Kerja di Korporasi atau Startup, Kamu Pilih yang Mana?

Kerja di korporasi vs startup jadi pilihan yang cukup bikin dilema freshgradute Sumber : https://id.pngtree.com/free-png-vectors/bekerja-di-tempat-kerja

Kerja di korporasi vs startup jadi pilihan yang cukup bikin dilema freshgradute Sumber : https://id.pngtree.com/free-png-vectors/bekerja-di-tempat-kerja

Like

Kak, aku baru saja diterima kerja di dua perusahaan nih, satunya korporasi keuangan dan satunya lagi startup pengiriman barang. Kira-kira aku harus pilih kerja di korporasi atau startup ya? Ini dia nih yang jadi dilema banyak fresh graduate.

Seringkali mereka bingung memilih ‘tempat kerja perdana’ yang terbaik karena belum mengantongi pengalaman cukup di dunia kerja lalu berujung kecewa. 

Biar kamu enggak nyesel, kamu petakan dulu apa tujuan dan motivasi kamu bekerja. Apakah semata-mata karena gaji, mencari tantangan atau kamu punya harapan bisa naik jabatan hingga akhirnya berada di posisi top management?

Terus, gaya kerja seperti apa yang kamu inginkan? Apakah kamu lebih suka fast paced, fleksibel atau selow tapi pasti? Apakah kamu tidak masalah kalau harus lembur dan siap weekendmu diganggu?

Baca Juga: Gen Z Bingung Pilih Kerja di Korporasi atau Startup? Inilah Perbandingan dan Pertimbangannya


Terakhir, kamu wajib mempertimbangkan juga lingkungan kerjanya. Biasanya ini terkait hal-hal yang lebih personal seperti apakah kebanyakan pekerja di sana berasal dari sekolah/universitas yang sama denganmu, bagaimana sikap mereka terhadap pekerja dari suku atau agama berbeda.

Kamu juga bisa mempertimbangkan bahasa komunikasi sehari-hari di kantor (FYI, tidak semua kantor resmi menggunakan bahasa Indonesia/Inggris, banyak juga yang mewajibkan pekerja lancar berbahasa Mandarin atau bahasa daerah tertentu yang lebih spesifik seperti kantor saya yang lebih suka pekerjanya menguasai atau setidaknya memahami bahasa Hokkien Medan).

Perlu juga mempertimbangkan adakah politik kantor atau senioritas, pekerjanya friendly atau kaku, adakah sistem arisan sesama pekerja, adakah program hangout bersama sekantor baik menginap maupun tidak, dll.