Kerja di Korporasi atau Startup, Kamu Pilih yang Mana?

Like

Mungkin bagimu ini terlihat ‘lebay’, tapi percayalah selama bekerja, kamu tidak hanya berhadapan dengan job deskmu saja, tapi juga bekerja secara tim dan harus membiasakan diri bertemu mereka selama setidaknya 8 jam dalam 5 hari kerja berturut-turut belum termasuk lembur.

Kalau lingkungan kerjanya toxic dan kamu tidak dapat berkompromi, hasil kerjamu juga tidak akan maksimal. Tidak mudah memang mencari informasi seperti ini, kamu tidak bisa hanya mengandalkan iklan loker saja, karena iklan sudah dipoles dengan bahasa yang begitu memikat.

Cara satu-satunya adalah banyak bertanya kepada teman, sahabat, keluarga, kolega, dosen atau siapapun yang dekat denganmu tentang tempat kerja mereka. 

Kalau sudah, saatnya memilih. Kalau kamu lebih suka tempat kerja yang selow tapi pasti, gajinya lumayan tinggi dan stabil, lingkungan kerja sedikit kaku, kamu lebih cocok bekerja di korporasi. Kenapa? Karena di korporasi biasanya sudah ada SOP yang jelas jadi kamu tinggal mengikutinya saja, gak perlu pusing. 

Kalau kamu lebih suka kantor yang fleksibel, fast paced, menantang dan banyak ilmu baru juga lingkungan yang chill bin friendly, kamu cocok banget kerja di startup.


Bahkan, kalau di sini kamu bisa memperoleh jabatan dengan lebih cepat. Makanya gak heran kan kalau ada berita tentang pegawai startup yang sudah jadi manager di usia kurang dari 30 tahun?

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Kerja di Startup, Kenali Sebelum Melamar

Tapi ditengah kondisi menggiurkan itu, kamu harus siap berkutat dengan lembur, memangkas waktu weekendmu, masa depan yang belum pasti serta gaji yang mungkin lebih kecil dari korporasi karena kebanyakan startup bermodel ‘bakar uang dulu’ sebagai akibat tuntutan untuk menunjukkan perkembangan produk dan pangsa pasar dalam waktu singkat. 

Gimana, sudah lebih paham kan sekarang? Kalau aku disuruh memilih, mendingan aku kerja di korporasi keuangan saja. Kalau kamu? 


#Mon-FridayChallengeJuli








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung