Menghasilkan Cuan Lewat Menulis Kreatif, Gimana Caranya?

Ternyata profesi menulis sangat menjanjikan. Kamu bisa menghasilkan cuan dari menulis, yuk intip caranya!pexels-vlada-karpovich

Ternyata profesi menulis sangat menjanjikan. Kamu bisa menghasilkan cuan dari menulis, yuk intip caranya!pexels-vlada-karpovich

Like

Terus terang saya sebagai penulis salama hampri  10 tahun, belum pernah mendapatkan cuan yang begitu fantastis.

Tapi saat  mendengar pemaparan Kak Tendi Murti sebagai Founder dari Komunitas Menulis Online (KMO), saya cukup merasa kaget sekaligus merasa “fantastis”.

Diawali dengan menengok  histori masa lalu sebelum ada pandemi, hampir penulis “besar” yang sudah punya nama melakukan penulisan melalui buku cetak yang diterbitkan oleh penerbit.  

Namun, ketika era pandemi  terjadilah era disrupsi oleh teknologi  dimana adanya perubahan yang cukup fundamental, buku cetak tidak lagi jadi primadona, tetapi digeser oleh buku elektronik bahkan banyak penerbit gulung tikar  Toko buku yang besar dan ternama mulai gulung tikar dan menutup sebagian tokonya.

Disrupsi oleh teknologi  dimana terjadi invoasi yang menyebabkan perubahan secara besar-besaran ke dalam suatu sistem baru.  


Baca Juga: Keluarga Single Income Merapat, Intip Cara Kelola Budget Plan Supaya Cuan!

Perkembangan internet juga begitu besar baik dari segi penggunanya hampir 175,4 milyar pengguna  dari total penduduk 272.1 milyar dengan total penggunaan hampir 8 jam sehari. 

Bahkan 80 persen pengguna internet di ponsel itu digunakan untuk sosial media 3.26 jam. Jadi di sini pangsa pasar untuk inovasi  suatu platform berbasiskan digital untuk penulis menjadi besar sekali.


Alasan Penulis ahrus adaptasi secara digital

  • Penulis bisa test the water

  • Penulis dan pembaca saling interaksi secara langsung

  • Penulis bisa mengambil inspirasi dari pembaca bagaimana cerita akan berlanjut
  • Penulis bisa memperkirakan berapa penghasilan yang akan didapat dari setiap cerita yang ditulisnya
  • Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menerbitkan buku
  • Lebih memungkinkan untuk berpenghasilan besar
 

Penulis bisa berbisnis dengan tulisannya

Penulis yang berbagung dalam KBM Applikasi telah mencapai top score dalam penghasilan pada periode Oktober 2021 mencapai  puluhan juta.

Para penulis melakukan adaptasi, tidak lagi menulis di buku cetak saja tapi harus beralih kepada e-book suatu platform. Mereka bergabung di sebuah platform yang menampung tulisan-tulisan mereka. Di sinilah penulis mulai mendapatkan cuan.

Perkembangan pesat dari perubahan ini membuat  penulis bisa berbisnis dengan tulisannya.  Tulisan para penulsi ini menjadi produk yang bisa dijual dengan mudah dan mudah dimonitor hasilnya.
 
Para penulis  baik yang pemula maupun yang lama bergabung dalam suatu platform perlu memilih platform yang kredibel.