Mahalnya Biaya Pendidikan Tinggi, Mungkinkah Masih jadi Investasi Jangka Panjang?

Like

Tips meringankan biaya kuliah

1.    Mencari Beasiswa

Banyak beasiswa yang dapat dicari selama kuliah baik beasiswa yang datang dari Pemerintah maupun dari swasta. Beasiswa dari pemerintah yang paling diincar oleh mahasiswa tidak mampu yaitu beasiswa Bidikmisi/Kip-Kuliah.

Beasiswa bidikmisi/Kip-Kuliah membiayai UKT sekaligus memberikan uang bulanan kepada penerimanya. Beasiswa dari swasta banyak diberikan oleh Bank Swasta, Perusahaan-perusahaan  serta beberapa yayasan yang dimiliki oleh perusahaan swasta. 
 

2. Pekerjaan Paruh Waktu

Beberapa pemilik usaha banyak yang mencari mahasiswa untuk bekerja di usaha miliknya dikarenakan mahasiswa memiliki kemampuan intelektual yang baik dan jasa yang murah dan terjangkau.

Pada zaman kuliah dulu beberapa teman penulis banyak yang menjadi penjaga warnet, penjaga stand makanan dan memberikan les privat kepada anak SD/SMP/SMA.
 

3. Danusan (Dana Usaha)

Banyak mahasiswa yang mencari penghasilan tambahan jika memiliki modal yang cukup sering berjualan makanan dan minuman ringan di acara-acara atau event kampus.

Baca Juga: Aborsi Legal bagi Korban Pemerkosaan: Perlindungan Hak atau Masalah Baru?


Tidak hanya di kampus banyak dari mereka yang berjualan di masjid dan di stadion universitas. Bagi mahasiswa yang mampu membuat desain grafis dapat menyalurkan bakatnya untuk menjual desainnya yang berupa poster, spanduk, kaos dan bahkan merchandise secara online.

Banyak mahasiswa dari jurusan Ilmu komunikasi dan jurusan teknik melakukan ini dan hasilnya lumayan cukup banyak.

 

4. Jauhi Pinjaman Online

Hal ini yang harus dihindari oleh mahasiswa, karena bukan menjadi solusi malah menjadi bencana. Memang mudah untuk melakukan pinjaman online, cukup dengan identitas diri dan foto pribadi maka sudah mendapatkan pinjaman uang.

Jika tidak ada penghasilan yang tetap sulit bagi mahasiswa untuk dapat membayar kembali pinjaman. Tidak hanya itu bunga yang sangat tinggi menyulitkan mahasiswa untuk melunasi pinjaman uangnya.

Mahasiswa diharuskan mampu melihat peluang untuk mencari penghasilan tambahan. Bagaimanapun juga banyak profesi yang hanya dapat diraih melalui pendidikan tinggi seperti dokter, perawat, arsitek, pengacara, dan profesi lainnya. Hal tersebut hanya dapat ditempuh melalui pendidikan tinggi.

















----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung