Pengguna Streaming Musik Tinggi, Platform Ini Bisa Bantu Promosi Musisi Lokal Lho!

Music - Canva

Like

Buat kamu generasi 90an, pasti sempat merasakan gimana serunya mendengarkan musik lewat kaset, CD, hingga MP3 player kan?

Nah sekarang, dengan layanan streaming dari aplikasi musik, kamu sudah bisa mendengarkan lagu favorit dimanapun dan kapanpun. Bahkan, kamu bisa menjangkau hingga ribuan lagu di seluruh dunia!

Berdasarkan data dari IFPI Global Music Report tahun 2019, pendapatan dari layanan streaming tumbuh hingga 34 persen dan telah menyumbang 47 persen dari pertumbuhan musik secara global di tahun 2018.

Baca Juga: Cara Buat Podcast di Spotify, Yuk Bangun Branding Kamu!

Semakin diminati sama masyarakat, platform streaming musik juga berlomba untuk terus meningkatkan fitur dan pelayanannya nih, Be-emers. Salah satunya, yakni aplikasi streaming musik bernama Resso.


Menurut Head of Music and Content Resso Indonesia, Christo Putra, dikutip dari laman Bisnis, saat ini Resso tengah berkomitmen untuk terus mendukung musisi lokal lewat berbagai fitur dan program kolaboratif lho!

Adapun, sejumlah fitur yang disediakan oleh perusahaan yang baru eksis sejak Maret 2020 lalu ini, antara lain:

  • Fitur Komen, yang tentunya untuk memberikan ruang bagi penggemar dan artis musik agar dapat berdiskusi.
  • Lyric Quotes, yang menghadirkan lebih dari sekadar lirik yang tampil di layar ketika aplikasi dibuka atau ketika layar dikunci.
    Selain itu, para penggemar juga bisa mengekspresikan dirinya dengan membagikan bagian lirik yang diinginkan ke media sosial dan bisa digunakan untuk menyesuaikan latar belakang yang diatur sesuai keinginan pengguna.

Fitur lirik adalah salah satu fitur yang cukup asik dan bisa bantu promosi lagu baru para musisi lokal nih,

Soalnya, Christo menilai, dengan menampilkan musisi yang menyanyikan lagu tersebut lewat lirik yang diunggah di media sosial, hal tersebut jadi salah satu cara unik penggemar untuk mendukung dan mempromosikan musisi favorit mereka.

Adapun, Christo juga mengatakan, pengguna streaming musik Indonesia diperkirakan bakal mencapai 18,7 juta pada 2025.

Nah, hal tersebut tentunya membuka peluang yang enggak terbatas. Dengan begitu, pandemi Covid-19 seharusnya enggak bisa menghambat musisi lokal untuk berkembang deh.

Baca Juga: Intip Nurflix, Netflix Halal dari Negeri Jiran