Jangan Disia-siakan, Begini Kiat Layani Customer yang Potensial

Customer - Canva

Like

“Pelanggan adalah raja”, Ungkapan yang sering banget kamu dengar kan, Be-emers?

Tahu enggak sih, ternyata kamu enggak boleh menyia-nyiakan pelanggan kamu lho! Soalnya, ada sejumlah customer yang justru punya potensi buat meningkatkan kinerja usaha kamu nih.

Nah, dikutip dari laman Bisnis, ada sejumlah cara lho untuk meningkatkan pelayanan kamu ke customer yang potensial. Ada apa saja ya?

Baca Juga: Ini Tanda Kamu Sudah Memberikan Nilai Lebih untuk Customer
 

Manfaatkan Teknologi 

Tim penjualan kamu tidak dapat melepaskan bola di mana pun atau kapan pun, terutama saat pelanggan berpindah dengan bebas dari satu produk ke produk berikutnya.

Jenis solusi apa yang mungkin masuk akal? Jika kamu berfokus untuk meningkatkan daya tanggap staf penjualan terlepas dari apakah mereka bekerja dari rumah atau kantor, kamu dapat memilih perangkat lunak telepon dan konferensi video kelas atas yang mengintegrasikan sebagian besar bentuk komunikasi visual dan audio.


Di sisi lain, mungkin kamu ingin merampingkan informasi yang diterima calon pelanggan kamu. Jika demikian, kamu mungkin lebih tertarik untuk menambahkan sistem manajemen kontrak yang aman ke dalam perangkat kamu.
 

Pusatkan Pengetahuan

Tidak ada yang membuat pelanggan frustasi sebanyak tidak bisa mendapatkan jawaban cepat atas pertanyaan mereka.

Cara cepat untuk memastikan bahwa siapa pun dalam bisnis kamu dapat memecahkan masalah klien adalah dengan membuat database manajemen pengetahuan terpusat yang dapat disimpan di intranet kamu atau perangkat lunak berbasis cloud lainnya.

kamu bahkan mungkin ingin memasukkan wiki perusahaan sehingga karyawan dapat menemukan informasi apapun hanya dengan satu login.
 

Siapkan Jawaban untuk Pertanyaan Umum Pelanggan

kamu ingin menemukan jawaban atas pertanyaan semudah mungkin bagi pelanggan. Faktanya, menurut Laporan State of Conversational Marketing 2020 dari Drift, 34 persen konsumen mengatakan tidak dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan secara online sebagai hambatan layanan pelanggan tertinggi mereka.

Daripada memaksa calon pembeli untuk mencari solusi yang mereka inginkan, mulailah membumbui situs kamu dengan konten kaya yang memberi mereka wawasan yang mereka dambakan. Sangat menarik bagi banyak pelanggan untuk dapat menyelesaikan masalah mereka sendiri, dan mereka akan senang menemukan jawaban dengan cepat.

Idealnya, kamu harus memiliki berbagai FAQ konten di situs kamu. Konten dapat berupa video, salinan tertulis, gambar, cetak biru, skema, bagan petunjuk, atau bahkan GIF.
 

Tetap Waspada di Media Sosial

Luangkan sedikit waktu untuk mendengarkan opini sosial, dan kamu mungkin akan mengetahui dengan tepat apa yang diinginkan pelanggan kamu.

Ternyata, lebih dari setengah perusahaan saat ini menggunakan media sosial untuk mendapatkan informasi konsumen secara real-time.

Tambahkan pantauan sosial ke rencana penjualan dan pemasaran kamu hari ini. Dengan begitu, kamu dapat merespons dengan cepat jika kamu melihat pelanggan tidak senang dengan kamu atau, lebih baik lagi, dengan pesaing.
 

Berikan Nilai Tambah yang Bermanfaat

Coba deh pikir, mengapa para konsumen menyukai Apple, BMW atau Starbucks?

Meskipun produk dan layanan mereka cenderung memiliki respon baik, kunci dari merek yang dipuja pelanggan adalah budayanya.

Adapun, ingin menjadi bagian dari komunitas adalah keinginan dasar manusia, dan perusahaan tertentu telah menjadikan hal tersebut pengalaman yang luar biasa kepada pelanggan setia mereka.

Baca Juga: Strategi Giveaway Instagram untuk Naikin Followers, Apakah Customernya Ideal?