Apa Itu Job Specification dan Fungsinya Bagi Pekerja dan Perusahaan?

Job specification adalah (Sumber: Pixabay.com)

Like

Istilah job specification mungkin masih terdengar asing di tengah masyarakat yang tidak mengenyam pendidikan lebih tinggi. Namun istilah ini tentunya sudah sering didengar bagi kalangan tenaga muda dan profesional yang sedang mencari kerja. 

Menurut Bisnis.com tingakat pengangguran di Indonesia akibat pandemi ini meningkat sangat tinggi menjadi 6,9 juta beriringan dengan pertumbuhan perekonomian Indonesia yang menurun hingga 5.32% di kuartal kedua tahun 2020 ini. Untuk itu sangat diperlukan agar masyarakat bisa menjadi lebih kreatif memulai bisnis.

Situs lowongan pekerjaan saat ini sangat banyak yang bisa Anda gunakan untuk  melamar dan mencari pekerjaan. Hanya saja hal yang perlu Anda perhatikan adalah spesifikasi dari setiap pekerjaan. Job specification adalah syarat atau kualifikasi tenaga kerja. Jadi spesifikasi pekerjaan ini akan mengacu pada syarat kualitas minimum seseorang agar dapat diterima di perusahaan. Lalu apa saja tujuan pembuatan spesifikasi pekerjaan bagi pekerja dan perusahaan? Simak ulasan berikut. 


Syarat Pekerja Untuk Memasuki Perusahaan Menjadi Lebih Jelas 


Dengan adanya job specification, maka persyaratan dari tenaga kerja yang diinginkan bagi suatu perusahaan dapat menjadi lebih jelas. Sebuah perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja atau karyawan biasanya memberikan persyaratan atau ketentuan tertentu yang harus dipenuhi. 

Tentunya setiap orang yang ingin melamar kerja di suatu perusahaan akan memperhatikan dan meninjau diri sendiri. Apakah sudah memenuhi kriteria yang diajukan perusahaan atau masih belum memenuhi standar tersebut. Perhatikan juga bagaimana caramu membuat CV yang baik dan benar


Spesifikasi pekerjaan ini sangat perlu dimiliki oleh perusahaan karena akan memberikan informasi kepada tenaga kerja seperti apa yang dibutuhkan perusahaan. Maka, kamu akan tahu apa yang harus dikerjakan dan dilakukan pada saat bekerja. 

Dengan kata lain, job specification adalah suatu hal yang dapat membantu proses penerimaan tenaga kerja dengan cara memberikan kualifikasi yang diperlukan. Biasanya spesifikasi pekerjaan akan membantu memudahkan perusahaan untuk memberi batasan kualifikasi yang diperlukan. 

Baca juga: Modal Bisnis Online Shop Minim ? Yuk Intip Strategi Bisnis Tanpa Modal di Sini


Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)


Jika dilihat dari awal seseorang bisa bekerja di suatu perusahaan, maka langkah awal yang harus dilalui adalah menyeleksi diri sendiri. Bagi kamu yang mendapati bahwa memiliki kualifikasi yang sesuai diharapkan perusahaan, maka surat lamaran bisa diajukan. 

Setelah itu tahap seleksi yang akan dijalani meliputi tahap tes hingga tahap penentu yaitu wawancara. Jika pada akhirnya pelamar pekerjaan diterima, maka menjadi bagian dari perusahaan dan akan bekerja sesuai bidangnya. 

Dari proses inilah akan terjadi peningkatan kualitas tenaga kerja atau sumber daya manusia yang sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Apalagi jika tenaga kerja memberikan kontribusi dan menggunakan semua skills yang dimilikinya.


Dasar Untuk Melakukan Seleksi Dini


Pada dasarnya proses seleksi pelamar kerja di suatu perusahaan harus dilakukan dengan cara yang tepat dengan menggunakan spesifikasi pekerjaan. Job specification adalah proses seleksi untuk mendapatkan kandidat karyawan yang terbaik bagi perusahaan. 

Selain itu, tujuan dari proses seleksi ini juga bertujuan untuk mengarahkan pegawai sesuai dengan kemampuan atau keahlian yang dimilikinya. Dengan begitu, pegawai yang diterima di suatu perusahaan akan mengembangkan potensi dan skills yang dimilikinya. 

Adanya spesifikasi kerja yang dicantumkan dalam mencari tenaga kerja baru akan menjadi sebuah proses seleksi dini bagi calon pegawai.  Sebelum melamar, tentunya seseorang akan menyeleksi dirinya sendiri. 

Hal ini bertujuan apakah suatu pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan tertentu sesuai dengan keahlian calon pelamar kerja atau tidak. Tahapan ini biasanya menjadi langkah awal bagi seseorang yang akan melamar posisi kerja di suatu perusahaan. 


Mendukung Mencapai Tujuan Perusahaan 


Adanya tenaga kerja di perusahaan yang sesuai pada kualifikasi tertentu, maka akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Sebuah perusahaan tentunya akan lebih berkembang dengan baik jika di dalamnya terdapat pegawai yang bekerja sesuai ahlinya. 

Dengan kata lain, tujuan job specification adalah untuk membuat perusahaan lebih mudah mencapai tujuannya. Sebab tujuan ini dilakukan melalui tenaga kerja yang ada di posisi sesuai keahliannya. 

Spesifikasi pekerjaan tidak hanya memudahkan perusahaan untuk mencapai tujuan karena tenaga kerja yang berkualitas. Tetapi bagi pekerja yang melamar pekerjaan juga akan lebih mudah menentukan kualifikasinya sendiri apakah sudah cocok dengan perusahaan tersebut.

Baca juga:  Soft Skill Apa Aja Sih yang Kamu Butuhkan Biar Sukses? Cek di Sini