Sumber-Sumber Energi Ini Bisa Jadi Solusi Alternatif Lho!

Sumber Energi Ini Bisa Jadi Solusi Alternatif Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Sejauh ini, energi fosil seperti batu bara, minyak, dan gas lebih mendominasi sumber energi di dalam negeri. Meski begitu, sejumlah sumber energi disebut bisa menjadi solusi alternatif lho!

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hingga Mei 2020, energi fosil telah mendominasi lebih dari 85 persen pembangkit listrik di Indonesia lho! Batu bara pun menjadi energi fosil yang mendominasi 49,6 persen dari sumber listrik Indonesia.

Setelah batu bara, ada bahan bakar gas dan bahan bakar minyak (BBM), yang mendominasi sumber energi listrik di Indonesia sebanyak 28,9 persen dan 14,7 persen. 

Bahkan, dikutip Bisnis, Kementerian ESDM menegakan kalau Indonesia masih bakal bergantung sama energi fosil meski energi baru terbarukan semakin besar.

Baca Juga: Didukung Sejumlah Perusahaan Raksasa, Bill Gates Incar Transisi Energi Bersih


 

Manfaat Energi Baru Terbarukan

Padahal energi baru terbarukan, dilansir dari laman Pertamina, merupakan salah satu sumber energi yang bisa memenuhi kebutuhan energi. Selain itu, sumber energi baru terbarukan juga bisa membantu usaha mitigasi, yang merupakan dampak dari perubahan iklim global.

Buy Clean Energy menyebutkan, energi terbarukan juga membantu melestarikan sumber daya alam. Soalnya, energi terbarukan dapat:
  • Menyediakan pasokan listrik yang andal
  • Diversifikasi bahan bakar
  • Meningkatkan keamanan energi
  • Menurunkan risiko tumpahan bahan bakar
  • Mengurangi kebutuhan bahan bakar impor.

Di satu sisi, dilansir dari earth.org, kapasitas energi terbarukan akan meningkat hingga 50 persen dari tahun 2019 hingga 2024 lho! Sumber energi terbarukan tersebut pun disebut bakal dipimpin oleh energi surya.

Berdasarkan laporan 'Renewable 2020' dari The International Energy Agency (IEA), proyek dengan energi surya, angin, dan tenaga air diluncurkan pada tingkat tercepat mereka dalam empat tahun terakhir. Proyek tersebut pun menimbulkan argumen bahwa masa depan terletak pada penggunaan energi terbarukan.

 

Sumber Energi Ini Bisa Jadi Solusi Alternatif Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

 

Sumber Energi Alternatif

Sumber energi baru terbarukan memang jadi solusi yang tepat untuk mengganti energi fosil yang selama ini mendominasi. Soalnya, lain dengan energi energi baru terbarukan yang bisa terus diperbaharui, energi fosil makin lama akan semakin habis dan enggak bisa digantikan.

Dilansir dari laman DBS, sejumlah energi baru terbarukan yang ada di Indonesia antara lain tenaga air, panas bumi, biomassa, tenaga surya, dan tenaga angin. Meski begitu, ada sejumlah sumber energi lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai alternatif nih, Be-emers.
 

1. Minyak Jelantah Jadi Biodiesel

Jangan anggap remeh minyak jelantah ya, Be-emers. Walau enggak baik untuk tubuh kamu, minyak jelantah ternyata bisa bermanfaat sebagai sumber energi alternatif lho!

Kementerian ESDM menyebutkan, biodiesel atau fatty acid methyl ester (FAME) bisa dihasilkan dari minyak nabati, minyak hewani, hingga minyak goreng bekas! Bahkan, 1,6 miliar liter minyak jelantah disebut bisa mencukupi 32 persen produksi biodiesel nasional!

 

Manfaat Minyak Jelantah sebagai Sumber Energi Alternatif Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

 

2. Energi dari Porang

Beberapa bulan belakangan, ramai dibicarakan porang sebagai komoditas yang bisa memberikan banyak manfaat nih. Salah satunya, porang bisa menjadi sumber energi untuk isolator listrik.

Porang merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang tumbuh subur di Indonesia lho! Makanya, enggak heran deh, kalau porang juga banyak dilirik oleh banyak negara, termasuk China.

Nah, ada sumber energi alternatif lain enggak yang kamu ketahui, Be-emers?


Kalau kamu punya cerita menarik seputar investasi, bisnis, lifestyle, dan lain-lain, tulis aja yuk di Bisnis Muda! Semakin banyak kamu menulis, kamu bakal dapat hadiah menarik lho!