Apa Itu Linkedin dan Gimana Menggunakannya?

Apsa itu linkedin (Sumber: Pixabay.com)

Apsa itu linkedin (Sumber: Pixabay.com)


Seiring berjalannya waktu, teknologi informasi semakin berkembang pesat. Bahkan, kini juga mulai banyak bermunculan berbagai jejaring sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Hingga, baru-baru ini muncul Linkedin yang mulai banyak diperbincangkan.

Personal branding, penting gak sih? Tentu penting sekali saat ini untuk membuat dirimu semakin kredibel dimata publik ataupun kamu di dalam industrimu. 

Mungkin kamu pernah mendengar mengenai jejaring sosial tersebut. Namun, perlu kamu tahu, Linkedin bukanlah sebuah media sosial biasa  seperti Instagram, Twitter, ataupun Facebook, yang dapat kamu gunakan dengan bebas untuk mengunggah foto atau video.

Lantas, Linkedin itu apa dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut ulasannya.


Mengenal Linkedin

Jika dibandingkan jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya, Linkedin mempunyai fungsi yang berbeda. Media sosial ini dihadirkan khusus untuk para profesional, agar mudah terhubung dengan rekan bisnis maupun kolega. Bisa dikatakan, linkedin lebih difokuskan sebagai networking bagi kalangan profesional. 

Bahkan, Linkedin juga dapat kamu manfaatkan untuk media penghubung dengan para orang ahli di bidang industri. Menariknya lagi, jejaring sosial ini juga memungkinkan kamu untuk mencari peluang pekerjaan. Jika kamu baru lulus dan mulai terjun ke dunia kerja, maka Linkedin akan menjadi tempat yang paling tepat untukmu.


Apabila kamu masih bingung Linkedin itu apa, bisa langsung mengunjungi platformnya untuk melihat gambaran secara langsung. Namun, seperti yang dikatakan, jejaring sosial ini dijadikan sebagai networking kalangan profesional. Jadi, bisa dipastikan mulai dari manajer, pemilik bisnis, marketer, hingga CEO, berkumpul pada tempat tersebut.

Sehingga, selain untuk mencari pekerjaan, kamu juga bisa membahas peluang bisnis maupun bertukar pengalaman dengan orang yang ahli. Dengan demikian, kamu akan memperoleh ilmu baru, yang mungkin bisa berfungsi untuk perkembangan karir kedepannya dan perjalanan karir kamu akan menjadi lebih terarah.

Baca juga: Cara Buat Podcast di Spotify, Yuk Bangun Branding Kamu!


Kelebihan Linkedin

Mengingat fungsinya yang berbeda dengan jejaring sosial pada umumnya, tentu kelebihan yang dibawakan oleh Linkedin tidak akan sama. Apabila ingin tahu mengenai Linkedin dan apa kelebihannya, kamu bisa langsung membuat akun jejaring sosial tersebut. Akan banyak manfaat yang akan kamu dapatkan, jika bergabung dengan Linkedin.

Dimana, keungulan pertama Linkedin adalah mempunyai koneksi jaringan yang luas, khususnya dengan kalangan orang profesional. Jika kamu ingin memperluas koneksi dengan pebisnis, HRD, manager, atau CEO, Linkedin menjadi tempat yang tepat. Dengan jejaring sosial ini, kamu bisa bertemu orang profesional, untuk membahas bisnis, menawarkan kerja, maupun mencari pekerjaan. 

Selain mempunyai koneksi luas, menggunakan Linkedin akan membuat kamu mendapatkan pembaruan berita. Saat kamu mengikuti halaman tertentu, maka setiap ada postingan baru kamu bisa melihatnya secara langsung. Biasanya, informasi yang beredar seputar pengalaman profesional, lowongan pekerjaan, trik bisnis, dan berita lainnya.

Kelebihan dari Linkedin itu apa? jawabannya adalah memberikan kesempatan pada pengguna untuk melakukan Q&A. Seperti yang diketahui, Linkedin akan menghubungkan kamu dengan orang ahli. Jadi, apabila kamu mempunyai pertanyaan terkait bisnis atau pekerjaan, bisa langsung menanyakan pada pihak yang profesional.


Cara Menggunakan Linkedin

Untuk dapat menikmati fasilitas yang diberikan oleh Linkedin, maka kamu harus mempunyai akunnya. Kamu bisa mendaftar melalui website resmi maupun dengan mengunduh aplikasinya di PlayStore. Dalam membuat akunnya, kamu tinggal mengisikan nama, email dan sandi pada kolom yang disediakan.

Selanjutnya, tinggal mengikuti petunjuk yang tersedia untuk mengisi kolom yang ditunjuk. Jangan lupa juga untuk menambahkan foto, data diri, dan sebagainya. Apabila kamu masih bingung dengan Linkedin itu apa dan cara menggunakannya, akan lebih baik jika langsung mencoba pada aplikasi agar lebih paham. 

Seiring waktu, lapangan pekerjaan kian berkurang sedangkan pencari kerja semakin banyak. Agar lebih memudahkan proses pencarian kerja, kamu bisa menggunakan bantuan Linkedin. Banyak perusahaan yang bergabung pada jejaring sosial tersebut, jadi kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak.

Baca juga:  Belajar Branding Dari Startup Fotografi Sweet Escape