Ini Sederet Aset Kripto yang Disebut sebagai Kloningan Dogecoin

Aset Kripto yang Disebut sebagai Kloningan Dogecoin Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva - Coin Market Cap

Aset Kripto yang Disebut sebagai Kloningan Dogecoin Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva - Coin Market Cap

Like

Di pertengahan 2021, Dogecoin menjadi pembicaraan banyak orang seiring popularitasnya yang melambung sebagai aset kripto. Meski berawal dari lelucon meme, popularitas Dogecoin malah membawa efek lahirnya aset kripto yang disebut-sebut sebagai “kloningannya” lho.

Bermaskot anjing jenis Shiba Inu, kemunculan Dogecoin awalnya memang enggak ditujukan sebagai aset kripto seperti halnya Bitcoin. Dogecoin justru awalnya muncul sebagai meme nih, Be-emers!

Namun seiring dengan popularitas Dogecoin, lahir sejumlah aset kripto baru yang disebut-sebut sebagai kloningan dari Dogecoin itu sendiri lho, Be-emers. Apa saja aset kripto tersebut?

Baca Juga: Ternyata, Ini Lho Alasan Dogecoin Jadi Meme Stock di Dunia Cryptocurrency
 

Token Shiba Inu (SHIB)

Dibuat oleh seorang anonymous bernama Ryoshi, token Shiba Inu merupakan aset kripto yang terdesentralisasi (Decentralized Crypto). Nah, karena terdesentralisasi, Shiba Inu (SHIB) bisa dibeli di Decentralized Exchange (DEX) nih, Be-emers.

Meskipun, dilansir Bisnis, SHIB juga tersedia kok di Centralized Exchange (CEX). Meski begitu, harus dipastikan kembali nih keamanannya.


 

Token Shiba Inu Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Token Shiba Inu Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva



Di satu sisi, token Shiba Inu pun telah berhasil pecah rekor dengan mencapai all time high lho! Tercatat pada perdagangan Minggu (24/10), SHIB menguat lebih dari 46 persen.

Meskipun, harga SHIB harus terjun usai adanya tweet Elon Musk yang menyebutkan bahwa dirinya enggak mengoleksi token Shiba Inu. Walau seperti itu, berdasarkan data Coin Market Cap, SHIB sudah berada di posisi ke-13 sebagai aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia lho!

Dengan kapitalisasi pasar lebih dari US$16 miliar, token Shiba Inu kini hanya selisih empat angka dari posisi Dogecoin. Sekedar info, dengan kapitalisasi pasar lebih dari US$35 miliar, Dogecoin menempati posisi ke-9 sebagai aset kripto terbesar di dunia.

Baca Juga: Kripto Shiba Inu Jadi Sorotan, Menarik untuk Dikoleksi?
 

Buff Doge Coin

Dari nama, sudah jelas banget kalau token kripto satu ini merupakan bentuk lain dari Dogecoin. Dibentuk dan dirilis sejak Agustus 2021, Buff Doge Coin sempat viral dan menarik perhatian para investor kripto nih.

Bahkan, dilansir Tokocrypto, Buff Doge Coin sempat mengalami apresiasi hingga 5.000 persen hanya dalam waktu satu hari lho! Popularitasnya disebut-sebut dipengaruhi oleh komunitasnya yang cukup kuat.

 

Buff Doge Coin Illustration Web Bisnis Muda - Image: Coin Market Cap

Buff Doge Coin Illustration Web Bisnis Muda - Image: Coin Market Cap



Nah, token Buff Doge Coin ini sebenarnya ditujukan sebagai versi lebih baik dari Dogecoin, Be-emers. Menariknya nih, Buff Doge Coin punya sifat deflasi karena adanya mekanisme burn yang tinggi.

Tokocrypto menyebutkan, kini Buff Doge Coin yang mengalami burn yakni sekitar 63 juta token. Adapun, mekanisme burn ini bakal terus dilakukan untuk membuat token Buff Doge Coin semakin langka dan mendorong harganya naik.

Di sisi lain, dilansir dari laman resmi Buff Doge Coin, proyek token tersebut juga punya misi serius menyelamatkan perlindungan hewan dan lingkungan seperti konservasi hutan lho! Bahkan, sebagian keuntungan pengembang akan disumbangkan untuk menyelamatkan tempat perlindungan hewan dan lingkungan.

Ada lagi enggak nih, aset kripto yang kamu ketahui jadi kloningan Dogecoin?