Bakal Ditutup BEI, Apa Itu Kode Broker Saham?

Apa Itu Kode Broker Saham Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Apa Itu Kode Broker Saham Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Mulai 6 Desember 2021, kode broker saham resmi ditutup oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) lho. Hmm.. sebenarnya apa sih kode broker saham itu, Be-ermers?

Dilansir dari laman Bisnis, Kepala Divisi Inkubasi Bisnis BEI Irmawati Amran mengatakan bahwa penutupan kode broker bertujuan untuk memberikan perlindungan investor dari praktik herding behavior nih.

Adapun herding behavior, dikutip dari penelitian Herding Behavior: An Experience in Indonesian Stock Market, merupakan fenomena yang mana seorang investor lebih memilih mengikuti keputusan yang justru dibuat oleh investor lainnya. Herding behavior pun bisa terjadi karena FOMO (Fear of Missing Out), panik, atau alasan rasional lainnya.

Nah, kalau kode broker ditutup, investor secara otomatis enggak bisa lagi melihat anggota bursa (AB) yang mentransaksikan saham tertentu selama perdagangan di bursa berlangsung (live trade).

Meski begitu, pihak BEI sendiri tetap memastikan para investor dapat melihat data live trade dan post trade setelah sesi perdagangan di bursa selesai dengan mengakses laman resmi BEI.


Baca Juga: Jangan Khawatir, Kode Broker Bukan Acuan yang Tepat untuk Investasi Lho
 

Apa Itu Kode Broker Saham?

Broker, atau dalam Bahasa Indonesia disebut Pialang, adalah orang (individu) atau perusahaan yang menjadi perantara antara investor dengan bursa nih, Be-emers. Istilah lainnya sih Wakil Perantara Pedagang Efek (WPPE).

Soalnya, dilansir dari Investopedia, bursa atau pasar modal cuma menerima pesanan dari individu atau perusahaan yang menjadi anggota bursa (AB) nih.

Makanya, para trader atau investor butuh jasa si anggota bursa (AB) tersebut. Nah, setiap broker saham yang secara resmi terdaftar di bursa itu punya kode broker!

Di Indonesia sendiri, para broker saham ini biasanya merupakan sekuritas atau perusahaan efek, Be-emers. Mereka yang sudah punya kode broker, dilansir dari laman Lifepal, secara resmi sudah terdaftar di BEI maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di satu sisi, sekuritas dan perusahaan efek itu banyak banget ya, Be-emers. Makanya, kode broker ini berfungsi banget untuk memudahkan penyampaian informasi transaksi saham oleh broker itu sendiri.

Hmm.. fungsinya mirip kayak kode saham pada emiten ya, Be-emers? Hihi 

Nah, di Indonesia, kode broker terdiri dari dua huruf atau karakter. Misalnya, J.P Morgan Sekuritas Indonesia punya kode broker BK dan Mandiri Sekuritas punya kode broker CC.

Sementara itu, selama perdagangan di BEI berjalan, perusahaan sekuritas atau efek juga terlibat dalam transaksi jual-beli saham dan nilainya cukup besar. Makanya, aktivitas yang dilakukan para broker bisa saja mempengaruhi psikologis atau keputusan investor atau trader nih.

Gimana, kamu termasuk yang sedih atau biasa aja nih kalau kode broker dihapus? Hihi