Jauh Sebelum Indonesia 5 Negara Ini Sukses Pindah ke TV Digital

Pindah ke TV Digital. (Ilustrasi: Canva)

Pindah ke TV Digital. (Ilustrasi: Canva)

Like

Indonesia bukan jadi negara pertama yang melakukan Analog Switch Off (ASO). Negara mana saja yang sukses pindah ke TV digital?

Pada 2 November 2022 Indonesia telah melakukan Analog Switch Off (ASO). Jika dibandingkan dengan negara-negara lain, sebenarnya Indonesia cukup tertinggal.

Ini bukan kebijakan baru dan Indonesia bukan pelopornya, justru Indonesia jauh tertinggal. Meskipun kebijakan ini mendapat banyak protes dari masyarakat, diharapkan ini dapat memberi dampak baik ke depannya. 
 

Negara yang Pindah ke TV Digital


Berikut adalah beberapa negara yang sudah pindah ke tv digital jauh sebelum Indonesia melakukan Analog Switch Off (ASO).
 

1. Luxembourg


Baca Juga: Ini Cara Pindah ke TV Digital Menyusul Analog Switch Off (ASO)


Luxembourg merupakan negara kecil yang terletak di benua eropa. Negara ini terletak di antara Belgia, Jerman, dan Prancis. 

Menariknya, Luxembourg menjadi negara pertama di dunia yang sukses melakukan Analog Switch Off (ASO) tepatnya pada 1 September 2006.  
 

2. Belanda 


Belanda jadi negara kedua yang sukses melaksanakan Analog Switch Off (ASO) setelah Luxembourg. Padahal mereka sudah lebih dulu melakukan uji coba.

Diketahui Belanda sudah sejak 18 Juni 1996 melakukan uji coba penghentian siaran TV analog
Namun baru pada Desember 2003 dimulai secara resmi dan selesai secara penuh pada tanggal 11 Desember 2006.
 

3. Korea Selatan


Pada ranah asia, Korea Selatan jadi negara pertama yang berhasil menerapkan Analog Switch Off (ASO) di tanggal 31 Desember 2010.

Dua tahun sebelumnya Korea Selatan telah melakukan uji coba dan penetapan kebijakan ASO ini. 
 

4. Brunei Darussalam


Di Asia Brunei Darussalam juga jadi negara yang sudah selesai melaksanakan Analog Switch Off (ASO). 
Brunei Darussalam menyelesaikan Analog Switch Off (ASO) pada 31 Desember 2017.
 

5. Malaysia


Baca Juga: Indonesia Analog Switch Off (ASO), Ini Perbedaan TV Analog dan Digital

Tetangga terdekat Indonesia, Malaysia, bahkan sudah lama Analog Switch Off (ASO). Wilayah pertama di Malaysia yang ASO adalah Langkawi.

Lewat Perdana Menteri saat itu, Najib Razak, Malaysia sudah meresmikan peluncuran televisi digital di pada 6 Juni 2017, dengan perkiraan 4,2 juta dekoder televisi digital didistribusikan secara gratis ke warga mereka.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.