iPhone 13 vs iPhone 14 di Pertengahan 2023, Mana yang Worth It?

iPhone 13 vs iPhone 14 (Sumber: tom's guide)

iPhone 13 vs iPhone 14 (Sumber: tom's guide)

Like

iPhone adalah handphone yang ingin dimiliki kebanyakan orang-orang yang tidak ingin ketinggalan zaman. Di tahun 2023 ini rumornya akan rilis iPhone seri terbaru, yaitu iPhone 15. Tapi bagaimana dengan seri iPhone sebelumnya? Mana yang lebih worth it? Yuk, kita bahas!

Banyak yang beropini kalau iPhone adalah HP yang terbaik dan tidak ada lawannya. Dari design, layar, kamera, chipset, banyak sekali "kelebihan" iPhone dibanding dengan HP lain di para pengguna iPhone.

iPhone 13 adalah penerus dari iPhone 12, dan penerus iPhone 13 adalah iPhone 14. Setiap tahun, banyak sekali orang yang membandingkan iPhone yang dimiliki dengan iPhone keluaran terbaru.

Dimulai dari harga kisaran 12 jutaan, anda akan mendapatkan iPhone 13 dengan kapasitas memori 128gb. Untuk kakaknya, iPhone 14 dimulai dari harga 14 jutaan, dan akan diberikan kapasitas memori 128gb juga.

Baca Juga: iPad Air 5 vs iPad Mini 6: Mana yang Cocok untuk WFA hingga Traveling?


Membandingkan iPhone 13 & iPhone 14



Jika dibandingkan secara spefisikasi, iPhone 13 dan 14 ini tampak seperti tidak ada bedanya. Chipset yang diberikan sama, yaitu Apple A15 bionic. Design body dan layar juga terlihat sama.

Kamera yang diberikan juga tampak sama. Tetapi jangan salah. Yang paling membedakan iPhone 13 dengan iPhone 14 adalah kameranya.

Kamera yang ada pada iPhone 13 dan 14 tidak terlihat berbeda sama sekali, tetapi hasil yang dihasilkan dari pemotretan foto dari kedua HP akan berbeda. Secara spesifikasi, kamera yang ada pada iPhone 14 tampak lebih bagus dari adiknya, yaitu iPhone 13.

Apakah perbedaan spesifikasi kecil pada kamera saja akan mempengaruhi foto sampai segitunya? Jawabannya adalah tidak. Tentu foto yang dihasilkan oleh iPhone 14 akan tampak lebih bagus, tetapi kita tidak boleh ditipu oleh hal tersebut.

Kita tidak boleh lupa kalau hasil foto pada iPhone 13 juga masih bisa dianggap sangat baik. Bahkan dapat dibilang lebih baik dari berbagai HP lainnya yang ada di pasaran.

Baca Juga: Bocoran Tampilan iPhone 15 Pro, Sangar!
 

Lalu, Pilih yang Mana?


iPhone 13 dan 14 merupakan HP yang terlihat sama namun berbeda. Dengan upgrade yang tidak terlihat terlalu signifikan, banyak orang yang berfikir dua kali ketika ingin memilih salah satu dari kedua HP ini.

Secara singkat, iPhone 14 mendapatkan upgrade di beberapa bagian, seperti kamera, RAM, performa grapis. Meskipun iPhone 13 bukan keluaran terbaru, tetapi HP itu masih bisa sekali digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Banyak sekali yang mengatakan iPhone 13 merupakan HP yang "more than enough".

Jadi, tidak perlu khawatir jika anda memutuskan untuk membeli iPhone 13, karena iPhone 13 masih sangat layak untuk digunakan.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.