Pengin Bisnis Kuliner Punya Profit Besar Selama Ramadhan? Ini Caranya!

bisnis kuliner-pinterest

bisnis kuliner-pinterest

Like

Bisnis kuliner tidak bisa lepas dari peluang mencapatkan cuan saat ramadhan.  Ibadah puasa jadi ajang untuk mencari dan menemukan tempat-tempat kuliner yang representatif (sesuai dengan budget atau kantong masing-masing).

Cuan selama ramadhan jadi target pengusaha kuliner.   Mereka menargetkan profit dari konsumsi makan selama ramadhan sebesar 40%.

Namun, tidak semua pengusaha bisnis kuliner bisa memperoleh atau mendapatkan profit seperti yang mereka targetkan.

Baca Juga: Dari Karyawan BUMN Jadi Pebisnis Kuliner, Sukses Kembangkan Bisnis

Memanfaatkan momen Ramadhan dengan menjalankan strategi yang menarik perhatikan pelanggan dengan berbagai program seperti, program promo, delivery, menu Iftar , dan sebagainya.


Tips bagi pengusaha agar dapat meningkatkan profit saat ramadhan

 

Dekorasi Bertema Ramadhan

Siapa bilang konsep dekorasi tidak menarik pelanggan?  Dengan dekorasi restoran tema ramadhan, membuat tamu dan pengunjung datang merasa “diundang” untuk berkunjung. 

Dekor dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum memasuki ramadhan. Misalnya, dengan mengganti dan menggantungkan lampu di depan dan sekitar restoran . 

Lampu yang bernuansa ramadhan.  Pasti hal ini akan membuat pelanggan jadi ingin berbuka puasa di restsoranmu.

Baca Juga: Cari Ide Bisnis Kuliner yang Enak dan Unik? Simak Peluang Bisnis Sambel Ulek Teri!

 

Menu Spesial Ramadhan

Ramadhan dijadikan ajang untuk berbuka puasa sekaligus jadi pertemuan dengan orang terkasih, terdekat, rekan kerja . 

Umumnya para pengejar buka bersama itu akan menelusuri dan mengeksplorasi restoran yang punya menu buka puasa istimewa.

Baik itu tradisional maupun modern, apalagi ditambah dengan dessert gratis untuk minimal pesanan.

Penting sekali diperhatikan bahwa menu sehat juga memperhatikan tema eamadhan sehat,   Untuk menarik pengunjung, berikan alternatif sehat agar diet mereka tetap seimbang. 

Sebagai pemilik restoran harus memperhatikan kualitas dan jumlah persediaan menu spesial ini.

 

Siapkan Pre-oder atau Delivery

Bagi sebagian pekerja yang ingin buka puasa, momen buka puasa jadi penting sekali. Setelah kerja seharian di kantor, mereka tak punya waktu untuk memasak dan lebih menyukai makanan bisa dikirimkan ke kantor atau ke rumah.

Bagi pemilik restoran yang menyediakan layanan pre-order dan delivery, sebaiknya dibuatkan dengan teknologi/aplikasi.

Pesanan pre-order dan delivery dengan aplikasi itu sangat efisien untuk melacak dan mengirimkan order tepat waktu (contohnya GoFood).

Baca Juga: Intip Rahasia Biar Usaha Kuliner Sukses dan Langgeng!

 

Promo Iftar Buka Bersama

Diskon atau promo jadi daya tarik yang kuat bagi pelanggan untuk mendapatkan restoran untuk buka puasa.

Contohnya restoran kamu memberikan promo paket berbuka dengan diskon 5-10% atau paket free takjil.

Adanya promo Iftar yang direncanakan dan dilakukan dengan baik, restoran dapat menanggapi kebutuhan pelanggan untuk buka puasa dan bisnismu pasti meningkat



Sesuaikan dan Tambah Jam Operasional

Seperti diketahui jika jelang waktu buka puasa biasanya pelanggan sudah ingin menikmati hidangan khusus pembuka puasa. 

Jika Anda ingin memuaskan pelayanan kepada pelanggan, berikan waktu jam oeprasional yang fleksible dengan reservasi lebih dulu. 

Juga untuk meningkatkan pendapatan, dapat menerima pelanggan pada dini hari juga suatu poin tambahan agar pelanggan juga datang.

Pola reservasi juga mengatur jumlah pelanggan yang datang dengan efisien, dan merencanakan secara efisien. 

Baca Juga: Nicco Machi Kembali Menyuguhkan Petualangan Misterius dengan Novel Tingka



Sediakan tempat ibadah

Pemilih restoran mungkin mengabaikan aspek penting ini, yaitu tempat untuk salat maghrib yang singkat. 

Pelanggan muslim biasanya sebelum buka puasa, akan salat terlebih dulu dan perlu tempat ibadah yang nyaman.

Sosialisasikan di media sosial bahwa restoran kamu menyediakan tempat untuk beribadah.

 

Optimalkan Lewat Marketing Media Sosial

Media sosial  paling efektif dalam mempromosikan segala menu ramadhan yang spesial kepada pelanggan.

Posting yang menarik, kreatif, dan bertemakan ramadhan akan menerika perhatian warga yang akan berbuka puasa.