Sebelum Jadi Fashion Item, Jeans Jadi Pakaian untuk Buruh Kasar hingga Simbol Perlawanan!

Aktivis perempuan berkulit hitam menggunakan pakaian berbahan dasar jeans. (Sumber gambar: Getty Images/Graham Wood)

Aktivis perempuan berkulit hitam menggunakan pakaian berbahan dasar jeans. (Sumber gambar: Getty Images/Graham Wood)

Like

Jeans jadi salah satu fashion item yang punya perjalanan sejarah panjang. Sebelum muncul dengan berbagai jenis model dan warna dulunya jeans diperuntukan untuk para kaum buruh.

Mereka menganggap jeans memiliki daya tahan yang kuat, tidak mudah rusak, dan mampu melindungi mereka saat bekerja dengan bahan yang tebal.

Bertepatan dengan hari buruh internasional yang diperingati per tanggal 1 Mei setiap tahunnya, kali ini kita coba melihat perkembangan jeans dari masa ke masa.

Juga bagaimana cara berpakaian buruh jadi sebuah inspirasi budaya populer dan melahirkan simbol-simbol tertentu.

Baca Juga: 7 Outfit yang Cocok Sepanjang Waktu, Enggak Cuma Buat Lebaran Aja!


 

Bermula Jadi Celana untuk Buruh Kasar

Sebelum muncul dengan berbagai macam model seperti sekarang, blue jeans merupakan produk yang paling pertama diproduksi.

Bahan utamanya merupakan kain katun twill, yang dijahit menjadi celana.  Mulanya, jenis kain bahan baku jeans dibawa dari daratan Nimes, Prancis ke wilayah Amerika Serikat.

Levi Strauss yang merupakan seorang pedagang kain bekerja sama dengan seorang penjahit, Jacob W.Davis kemudian membentuk celana jeans pertama.

Pada masa itu, profesi penambang emas sangatlah banyak digeluti oleh orang-orang Amerika Serikat.

Mereka adalah target pasar pertama dari celana jeans hasil kerja sama Jacob dan Levi. Buruh lokal memerlukan celana yang kuat dan tidak gampang copot sehingga memberikan kenyamanan saat mereka bekerja.

Baca Juga: Rekomendasi OOTD Fashion Lebaran yang Simpel dan Elegan

Jacob  memiliki ide memasang paku keling di sudut-sudut saku dan juga pangkal kancing. Para pekerja mengakui fungsionalitas celana ini untuk melakukan pekerjaan.

Kemudian, ide tersebut dengan cepat tersebar dan menjadi tren pada masa itu. Jacob kemudian memutuskan untuk mematenkan proses pembuatan celana jeans bahannya juga menggandeng Levi Strauss, yang bisanya menyuplai kebutuhan bahan sebagai mitranya.

Hingga akhirnya pada 20 Mei 1873, mereka memperoleh paten dan menjadi produsen celana jeans pertama.