Solusi Menghadapi Badai PHK, Salah Satunya Kerja di Luar Negeri!

Menghadapi badai PHK dengan bekerja di luar Negeri, apakah bisa jadi solusi? (Sumber gambar : pexels.com/JESHOOTS.com)

Menghadapi badai PHK dengan bekerja di luar Negeri, apakah bisa jadi solusi? (Sumber gambar : pexels.com/JESHOOTS.com)

Like

Seperti diketahui bahwa tahun 2024 ini kondisi ekonomi Indonesia belum membaik akibat pandemi covid-19. Banyak terjadi PHK di industri tekstil.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa salah satu penyebab yang menyebabkan terjadinya badai PHK adalah karena keterlambatan ekonomi yang terjadi di Indonesia. 

Mengutip dari laman CNBC Indonesia yang menyebutkan bahwa Indonesia sedang menghadapi perlambatan ekonomi sehingga membuat persaingan bertambah ketat karena  pertumbuhan market melambat dan mengecil.

Hal tersebut membuat perusahaan yang mempunyai kategori tidak efisien akan menghadapi persoalan daya saing.

Baca Juga: Kerja di luar Negeri di tengah Badai PHK dalam Negeri, Ini Caranya!


Cara perusahaan untuk mengatasi masalah efisiensi tersebut salah satunya adalah dengan melakukan PHK, seperti yang terjadi saat ini.

Sebenarnya banyak solusi yang bisa dilakukan pemerintah untuk mengatasi badai PHK,  seperti memberikan insentif kepada perusahaan agar bisa mengerem terjadinya PHK, menjamin iklim investasi yang kondusif di Indonesia dan juga dengan menciptakan lapangan kerja baru.

Selain solusi-solusi tersebut adapula solusi lain, yaitu dengan mengirimkan tenaga kerja dari dalam negeri ke luar negeri.