5 Kelebihan Kekurangan Wordpress yang Wajib Diketahui

Kelebihan kekurangan Wordpress (Sumber: Pixabay.com)

Like

Bagi yang menyukai dunia menulis pasti sudah tidak asing dengan platform satu ini, yaitu Wordpress. Wordpress merupakan salah satu platform yang didirikan pada tahun 2003 oleh Matt Mullenweg dan Mike Little. 

Sistem manajemen konten oleh platform ini menaungi kurang lebih 35% website yang ada di dunia. Menurut beberapa provider hosting, antara wordpress dan blogspot saat ini memang lebih banyak user yang menggunakan wordpress karena lebih familiar di masyarakat dan Google itu sendiri. Namun, tentu saja meskipun demikian situs ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan kekurangan Wordpress? Simak ulasan berikut.


Kelebihan WordPress


1. Gratis

Pertama, salah satu yang menjadi daya tarik dari Wordpress adalah situs ini tentu dapat digunakan secara gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun. Hal ini tentu sangat membantu bagi siapa saja yang ingin memulai menulis atau membangun bisnis.

Tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun tentu akan mempermudah kamu jika ingin meningkat skill menulis atau bagi yang memulai bisnis ingin membuat blog pribadi maka wajib untuk mencoba memanfaatkan situs Wordpress.


2. User Friendly

Kedua, selain gratis, platform satu ini juga sangat mudah untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Kamu bisa mengunduhnya di PlayStore smartphone kamu, sehingga tidak perlu repot untuk membuka laptop hanya untuk sekedar menulis.


3. CMS Fleksibel

Ketiga, meski memiliki kelebihan kekurangan Wordpress, website bebas lisensi ini juga dikategorikan sebagai situs yang cukup fleksibel. Disebut fleksibel karena Content Management System sangat cocok untuk membangun berbagai jenis website untuk pribadi.


4. Populer

Keempat, Untuk keamanannya juga tidak perlu diragukan lagi, sejak platform ini dinobatkan sebagai CMS yang paling populer, semakin banyak pula hacker yang mencoba untuk meretas akun-akun di dalamnya. 

Namun, Wordpress senantiasa memberikan update terbaru bagi setiap penggunanya, sehingga pengguna platform ini mengetahui perkembangan dari akun mereka. Jika Wordpress masih dapat diretas hacker, maka bisa jadi itu kesalahan pengguna itu sendiri.


5. SEO Friendly

Kelima, kelebihan lainnya yaitu, website ini memiliki plugin SEO yang dapat dinikmati secara gratis. SEO sendiri adalah Search Engine Optimization yang berfungsi untuk membuat sebuah situs atau website mendapatkan banyak viewers.

Baca juga: Sadari Sejak Dini, Berikut Tanda Kamu Kelelahan Kerja 


Kekurangan WordPress


1. Keamanan Situs

Pertama, setiap situs pasti memiliki bagi positif dan juga negatifnya, tidak terkecuali kelebihan kekurangan Wordpress yang wajib untuk diketahui. Salah satunya adalah persoalan keamanan.
Wordpress memang memiliki keamanan yang bisa diandalkan, namun jika pengguna jarang sekali untuk mengupdate faktor keamanan maka estimasi terburuk masih akan tetap terjadi, seperti terjadinya peretasan pada sebuah akun.


2. Page Speed

Kedua, situs satu ini juga memiliki masalah kecepatan yang tidak stabil. Jika pengguna sering membuat tampilan user interface, secara tidak sadar ada banyak plug-in yang terpasang, sehingga akan mengakibatkan kecepatan website pun akan menurun.

Jika kecepatan menurun maka akan ikut menurun pula kecepatan akses dari kinerja sebuah situs tersebut. Oleh sebab itu, kekurangan dari Wordpress adalah pengguna tidak bisa sering-sering mengubah user interface yang dimiliki. Cek kecepatan websitemu dengan tools ini, ya!


3. Template

Ketiga, selain yang diatas, keterbatasan dalam pengembangan juga menjadi salah satu kekurangan dari Wordpress. Untuk mendapatkan fungsi dan tampilan yang diinginkan, tidak bisa menggunakan kemampuan bahasa pemrograman php, CSS atau javascript.


4. Persona Website

Keempat, kelebihan kekurangan Wordpress yang perlu diketahui salah satunya memiliki kekurangan tema dan warna yang cenderung monoton dan tidak ada perubahan. Sehingga pemilik akun juga akan terbatas dalam mengembangkan karakter dari situs yang ia miliki.


5. Update Plugin

Kelima, kekurangan Wordpress adalah pembaharuan plugin kerap bermasalah. Pembaharuan yang dilakukan membuat fitur lain menjadi tidak dapat digunakan, padahal fungsi dari pembaharuan ini untuk keamanan, tapi berujung pada matinya sebuah fitur.

Suatu hal pasti memiliki kekurangan serta kelebihan masing-masing, hal ini juga berlaku bagi sebuah website. Tidak ada yang sempurna, yang perlu dilakukan adalah bagaimana kamu bisa mengelolah situs tersebut sebagai wadah yang bermanfaat untuk kehidupan. 

Pengembangan usaha dan ide bisnismu bisa menajdi lebih baik lagi jika kamu memiliki website yang bergerak secara optimal. Mengapa demikian? UMKM di era pandemi ini memang wajib untuk Go-Online! 

Baca juga: 12 Website untuk Freelancer Supaya Makin Produktif