Ethiopia Kalahkan Indonesia dalam Food Sustainability Index?

Ethiopia Kalahkan Indonesia dalam Food Sustainability Index? (Sumber: Economist.com)

Ethiopia Kalahkan Indonesia dalam Food Sustainability Index? (Sumber: Economist.com)

Like

Ethiopia menjadi perbincangan hangat di sejumlah media belakangan ini karena keberhasilannya dalam Food Sustainability Index (FSI) 2021 yang berada di peringkat 23 dari 78 negara untuk indikator sustainable agriculture atau pertanian berkelanjutan.

Meskipun data yang disebutkan ini benar, nyatanya data itu hanya ada pada salah satu indikator dari Food Sustainability Index dan bukan pada peringkat secara keseluruhan indikator.

Food Sustainability Index, dibuat oleh Economist Intelligence Unit dan Barilla Center for Food & Nutrition, sebagai alat yang dirancang untuk menyoroti kebijakan internasional dan praktik terbaik yang berkaitan dengan paradoks global dan Sustainable Development Goal’s (SDGs) khususnya untuk pangan, perubahan iklim, kota berkelanjutan, produksi dan konsumsi yang bertanggung jawab, kesehatan, kesetaraan gender, pendidikan, dan infrastruktur.

Baca Juga: Swasembada Pangan: Mimpi atau Realita?

Indeks ini mengklasifikasikan negara berdasarkan keberlanjutan sistem pangan mereka dengan tiga pilar, yakni kehilangan dan pemborosan pangan, pertanian berkelanjutan, dan tantangan nutrisi. Indeks ini menganalisis negara-negara G20, yang memiliki ekonomi terbesar dan mencakup dua pertiga populasi global, serta 5 negara dari wilayah yang tidak terwakili, menggunakan 58 indikator berbeda untuk mengukur keberlanjutan.


Secara keseluruhan, Ethiopia berada pada peringkat ke-57 dalam Food Sustainability Index 2021 dengan skor 56,9.

Adapun, Indonesia berada pada peringkat 51 dengan skor 59. Dari kategorinya, Indonesia masuk dalam predikat sedang atau medium sementara Ethiopia masuk dalam predikat rendah atau low.