Ethiopia Kalahkan Indonesia dalam Food Sustainability Index?

Like

Indonesia berada satu kelompok dengan Rusia, UEA, dan berada di atas Vietnam. Sementara Ethiopia, berada satu kelompok dengan Maroko dan Pakistan.

Apabila dirinci dari tiga indikator, yakni Food Loss and Waste (Sampah dan Limbah Makanan), Sustainable Agriculture (Pertanian Berkelanjutan), dan Nutritional Challenges (Tantangan Gizi) Indonesia masih unggul dari Ethiopia, kecuali hanya pada bagian Pertanian Berkelanjutan.

Ethiopia menempati peringkat 61 dengan skor 45,8 untuk indikator Food Loss and Waste, peringkat 23 dengan skor 67,3 untuk indikator Sustainable Agriculture, dan peringkat 60 dengan skor 57,6 untuk indikator Nutritional Challenges. 

Baca Juga: Swasembada Pangan Belum Tercapai, Apa penyebab dan Bagaimana Solusinya?

Sementara Indonesia berada pada peringkat 44 dengan skor 55,3 untuk indikator Food Loss and Waste, peringkat 71 dengan skor 56,4 untuk indikator Sustainable Agriculture, dan peringkat 41 dengan skor 65,3 untuk indikator Nutritional Challenges. 


Meskipun masih perlu pembenahan yang berkelanjutan, Indonesia telah melaksanakan serangkaian kebijakan dan program yang bertujuan untuk meningkatkan keberlanjutan sektoral.

Ini termasuk penggunaan teknologi pertanian yang lebih efisien, pengelolaan sumber daya alam yang lebih baik, serta kebijakan yang mendukung praktik pertanian yang ramah lingkungan. 

Selain itu, beberapa isu seperti perubahan iklim, infrastruktur yang belum memadai, dan kebutuhan untuk peningkatan kapasitas teknologi adalah beberapa hambatan yang masih perlu diatasi.

Pemerintah, bersama dengan lembaga swadaya masyarakat dan sektor swasta, perlu meningkatkan kolaborasi untuk menangani isu-isu ini secara efektif.

Dengan tetap berkomitmen pada inovasi dan keberlanjutan, Indonesia tidak hanya memperbaiki peringkatnya dalam indeks global tetapi juga secara aktif berkontribusi pada masa depan ketahanan pangan yang lebih berkelanjutan secara global. 








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung