Daebak, Ternyata Ini Peran Chaebol untuk Korea Selatan!

Lee Jae-yong, Chaebol Samsung. (Foto: Bloomberg)

Lee Jae-yong, Chaebol Samsung. (Foto: Bloomberg)

Like

Kalau di Indonesia ada konglomerat, di Korea Selatan ada chaebol. Seperti apa ya?

Be-Emers yang sering menonton Korean Drama atau K-Drama pasti tidak asing dengan istilah chaebol. Istilah ini sering digunakan oleh masyarakat di Korea Selatan dalam kesehariannya untuk menggambarkan orang-orang dengan kekayaan fantastis.
 

Apa Itu Chaebol?


Jika di Indonesia ada istilah konglomerat untuk menggambarkan seseorang atau pengusaha besar yang mempunyai banyak perusahaan atau anak perusahaan, maka di Korea Selatan istilah itu disebut dengan chaebol.

Chaebol merupakan transliterasi dari ?? (jaebeol) dalam bahasa inggris yang berarti plutokrasi, bisnis keluarga kaya, dan monopoli kekuasaan dan kekayaan.

Meski konotasinya terdengar negatif, chaebol sebenarnya sama saja seperti konglomerat-konglomerat yang ada di negara lain. Mereka adalah kumpulan orang-orang kaya.


Chaebol biasanya memiliki bisnis keluarga yang menggurita dan turun temurun sehingga kekayaan keluarganya mencapai nilai yang fantastis. 

Chaebol dimiliki, dikontrol, dan diatur oleh dinasti keluarga yang sama selama bertahun-tahun meski telah menjadi perusahaan terbuka. Biasanya sepenuhnya dikontrol oleh grup pendirinya.

Baca Juga: 15 Konglomerat Indonesia Masuk dalam Daftar Orang Terkaya Dunia 2021 Forbes


Siapa yang Termasuk Chaebol?


Di Korea Selatan, chaebol sangat terkenal dan sering mendapat sorotan terutama dari setiap keputusan yang diambil.
 

1. Samsung


Grup Samsung merupakan chaebol paling terkenal dan berpengaruh di Korea Selatan. Bahkan menurut data Bloomberg, saham Samsung memiliki porsi 30 persen di Bursa Saham Korea. 

Baru-baru ini Samsung membuat keputusan untuk mengangkat cucu pendiri perusahaan, Lee Jae-yong sebagai executive chairman. Pengangkatan ini mengukuhkan status Lee sebagai eksekutif bisnis paling terkemuka di negara itu dan salah satu duta ekonomi utama Korsel. 

Baca Juga: Daftar 50 Orang Terkaya Korea 2021, Ada Bos BTS hingga Samsung
 

2. LG


LG menjadi perusahaan teknologi lain yang masuk dalam daftar chaebol di Korea Selatan. Kini kepemimpinan LG Sudah memasuki generasi keempat dan terus menggurita hingga kancah global. 

LG memproduksi barang elektronik, bahan kimia, dan produk telekomunikasi melalui anak-anak usahanya, seperti LG Electronics, Zenith, LG Display, LG Uplus, LG Innotek, dan LG Chem di lebih dari 80 negara.
 

3. Hyundai


Hyundai menjadi perusahaan yang mulai melebarkan sayapnya ke beberapa industri, menggurita, dan terus membesar hingga bisa masuk daftar chaebol. 

Pada mulanya Hyundai merupakan perusahaan konstruksi, namun kini terus melebarkan sayapnya hingga menjadi perusahaan otomotif. Di Korea Selatan Hyundai menjadi grup chaebol yang terkenal dan mendapat banyak sorotan.

Baca Juga: Regulasi Kripto di Korea Selatan Semakin Ketat, Pengguna Wajib Daftarkan dan Verifikasi Dompet Eksternal ke Bursa
 

Apa Peran Chaebol bagi Korea Selatan?


Ternyata chaebol memiliki peran bagi perekonomian Korea Selatan. Dikutip dari Bloomberg, chaebol berhasil membantu perekonomian Korea Selatan hingga maju seperti saat ini. 

Dulu perekonomian Korea Selatan tidak memiliki kekuatan dan tidak diperhitungkan di kancah global, kini menjadi salah satu negara dengan jumlah export tertinggi. 

Ini semua salah satunya dipengaruhi oleh chaebol atau perusahaan dinasti keluarga yang selama bertahun-tahun berhasil mengembangkan perusahaannya hingga bisa mengirim produknya ke luar negeri.

Bahkan ada istilah chaebol structure yang merujuk pada sistem bisnis konglomerat yang tercipta pada tahun 1960-an, membentuk multinasional global dengan sistem operasi skala internasional.

Pengamat ekonomi Korea Selatan mengatakan chaebol sangat berpengaruh pada perkembangan usaha kecil dan menengah, mereka jadi susah berkembang. 

Namun, jika chaebol gagal dalam lini bisnis mereka akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian negara.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.