3 Hal yang Perlu Dihindari Biar Gaji Enggak Gampang Habis

3 Hal yang Perlu Dihindari Biar Gaji Enggak Gampang Habis Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

3 Hal yang Perlu Dihindari Biar Gaji Enggak Gampang Habis Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Gajian pastinya jadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Namun, kamu juga perlu menghindari sejumlah hal nih agar gaji kamu enggak gampang habis.

Kamu pernah merasa kalau gajian cuma numpang lewat doang? Kalau iya, wah bisa jadi itu tanda-tanda pemborosan alias susah atur duit dengan baik nih.

Konsep You Only Live Once (YOLO) alias hidup cuma sekali memang bikin kita, yang notabene masih beruisa muda, jadi sering rela ngabisin duit buat banyak hal. Padahal, kadang hal-hal yang kita beli itu sebenarnya enggak butuh-butuh banget.

Baca Juga: Dari Gaji ke Gaji, Ini Cara Mengelola Uang Bulanan
 

Hal-Hal yang Harus Dihindari saat Gajian

Makanya, biar gaji Be-emers enggak gampang habis, hal-hal ini kayaknya perlu banget dihindari dari sekarang.
 

1. Konsumtif

Ada diskon di online shop, langsung beli. Belum lagi, hampir setiap hari mampir ke kedai kopi kekinian biar berasa jadi “anak senja”.


Pokoknya selama masih ada saldo gaji, kayaknya pengen beli ini-itu jadi enggak masalah. Hmm.. hati-hati lho, berperilaku konsumtif sejak muda bisa jadi “bom waktu”.

 

Hindari Perilaku Konsumtif saat Gajian Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Hindari Perilaku Konsumtif saat Gajian Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Dilansir dari Harian Bisnis Indonesia, Premier Banking and Emerging Affluent Proposition Head Bank OCBC NISP, Chinni Yanti Tjhin bilang kalau lifestyle semacam itu bakal berdampak buat keamanan finansial masa depan. 

Walaupun menurut Alexa Von Tobel, penulis buku Financially Fearless, perilaku konsumtif itu cukup bisa dimaklumi karena kurangnya literasi keuangan, tapi lebih baik Be-emers juga memiliki strategi untuk mengurangi perilaku konsumtif.

Misalnya, Be-emers bisa membagi-bagi porsi gaji sesuai kebutuhan kayak kebutuhan lifestyle, pokok, dan tabungan.
 

2. Cicilan yang Enggak Tepat

Zaman sekarang, meskipun duit lagi pas-pasan, masih ada cara lain biar barang impian tetap bisa terbeli. Cara yang paling lumrah yaitu dengan cicilan atau kredit.

Sayangnya, kadang cicilan itu justru dipakai buat hal-hal yang sifatnya (lagi-lagi) konsumtif. Padahal tanpa sadar, ada yang namanya inflasi, dimana setiap tahun nilai uang dan aset mengalami penyusutan.

 

Hindari Cicilan yang Enggak Tepat saat Gajian Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Hindari Cicilan yang Enggak Tepat saat Gajian Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Misalnya Be-emers beli smartphone senilai Rp8 juta dengan cicilan Rp400.000 tiap bulannya. Selama kurun waktu 20 bulan buat melunasi cicilan tadi, ternyata nilai smartphone yang Be-emers beli sudah turun karena persaingan dengan produk baru lainnya.

Nah, coba pikir lagi, kira-kira cicilan untuk barang konsumtif jadi lebih untung apa malah “buntung”?

Baca Juga: Jangan Hedon! Ini Cara Kelola Kartu Kredit Milenial dan Gen Z

Jika kamu ingin melakukan cicilan, ada baiknya disesuaikan dengan kebutuhan ya. Bahkan, kamu bisa beralih ke cicilan produktif seperti cicilan di sektor properti. Salah satunya yakni Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

 

3. Enggak Menyiapkan Dana Darurat dan Pensiun

Mungkin hari ini kita sehat walafiat dan berkecukupan. Namun, kita tetap harus mempersiapkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi di masa depan.

Haduh, maunya sih setiap hari baik-baik aja, kan? Biarpun berkonsep YOLO, bukan berarti kita terus-terusan berpikir untuk keinginan hari ini ya, Be-emers

Satu hal yang cukup fatal ketika mengelola gaji adalah enggak menyiapkan dana darurat & pensiun. Padahal kedua dana tersebut bisa menyelamatkan keadaan finansial Be-emers, lho.

 

Siapkan Dana Darurat dan Dana Pensiun saat Gajian Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Siapkan Dana Darurat dan Dana Pensiun saat Gajian Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Dana darurat bisa jadi cadangan kalau suatu saat Be-emers terjebak di situasi yang mendesak. Eits, tapi bukan keadaan mendesak kayak kepepet buat belanja diskonan yah!

Meanwhile, dana pensiun juga sebaiknya sudah disiapkan sama Be-emers dari sekarang. Jangan tunggu sampai sudah tua baru kepikiran dana pensiun.

Yah, itu sih sudah telat banget namanya. Bukannya dapat pensiun, malah baru nabung.

Baca Juga: Menyiapkan Dana Darurat dan Pensiun Sejak Muda, Gimana Caranya? Yuk, Simak Tips dari Dinda NM

Hayoo, kalau kamu biasanya habis gajian langsung belanja atau bikin anggaran keuangan dulu nih, Be-emers?


Yuk, share di kolom komentar! Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.